RSUD dr R Koesma Tuban Kembali Luncurkan Inovasi Layanan Publik

Didampingi dr.H. Saiful Hadi (Direktur RSUD dr. Koesma Tuban) Bupati Tuban, H. Fathul Huda saat mengunakan helm dan jaket pada petugas Kopas (Kurir Obat Pasien).

Tuban, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban RSUD dr. R. Koesma terus berinovasi dalam memberikan pelayanan pada masyarakat. Saat ini, salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) ini melaunching Inovasi berupa Kopas (Kurir Obat Pasien) dan meresmikan Entrance (jalan masuk) (09/04).
Peresmian dan launching yang yang dirangkaian dengan Peringatan Isra Miraj 1440 H dan dihadiri oleh Bupati H. Fathul Huda, juga diisi dengan santunan yatim piatu.
Dalam sambutannya, Bupati Huda memberikan apresiasi kepada Direktur RSUD dan jajarannya atas berbagai inovasi yang tiap tahun dibuat
“Hal ini menjadi suatu hal positif yang perlu mendapat apresiasi,” ungkapnya.
Pada kesempatan tersebut, Bupati menginstruksikan agar semua OPD, termasuk Puskesmas, harus mengembangkan inovasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Agar inovasi yang dikembangkan memberikan output yang konkrit dan menjawab kebutuhan masyarakat.
Bupati yang juga Mustasyar PCNU Tuban ini mengungkapkan bahwa berbagai pengembangan infrastruktur, termasuk penambahan alat medis canggih dan berkualitas, menjadi salah satu upaya yang dilakukan RSUD Koesma Tuban dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.
Pengembangan infrastruktur tersebut, juga harus diimbangi dengan peningkatan kualitas SDM. Selain itu, juga harus memberi perhatian pada masyarakat di sekitarnya.
“Hal ini demi menjamin pelayanan kesehatan bagi masyarakat semua lapisan,” tegasnya.
Sementara itu, Direktur RSUD Koesma Tuban, dr. Saiful Hadi, menyebutkan bahwa inovasi Kopas dapat dimanfaatkan pasien RSUD yang merasa keberatan untuk menunggu antrian obat. Pasien dapat melakukan konfirmasi penggunaan Kopas di loket pengambilan obat.
“Jadi pasien lansia dan pasien dari keluarga tidak mampu dapat langsung pulang dan obatnya akan dikirimkan ke rumah,” jelasnya.
Pada kesempatan ini, juga diserahkan hibah bangunan berupa Kasir 24 jam dari Bank milik pemerintah Provinsi Jatim pada RSUD Koesma Tuban. Juga dikembangkan taman bermain untuk anak-anak. Berbagai pengembangan RSUD bertujuan untuk memudahkan dan menciptakan suasana nyaman selama pasien.
Saiful Hadi juga menyampaikan pada tahun 2018 RSUD Koesma Tuban memperoleh nilai 82,89 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) terkait pelayanan dan inovasi publik di bidang kesehatan.
“Hal ini menjadi motivasi bagi kami untuk memberikan pelayanan yang terbaik,” serunya.
Mantan Kepala Dinas Kesehatan Tuban ini menjelaskan bahwa dalam memberi pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, RSUD Koesma Tuban menerapkan 3 prinsip utama. Pertama, toleransi yaitu memberikan pelayanan tanpa diskriminasi; tanpa membedakan pasien BPJS-Non BPJS; kaya maupun kurang mampu.
Kedua, modernisasi yaitu mengedepankan musyawarah dalam pengambilan kebijakan dengan mengedepankan transparasi dan akuntabel. Ketiga, keseimbangan yaitu pembangunan RSUD harus berimbang dan didesign sedemikian rupa agar masyarakat ketika datang merasakan suasana sejuk.
“Selain itu, juga dilakukan bimbingan rohani bagi pegawai dan pasien dan keluarga pasien,” pungkasnya. (Hud)

Tags: