RSUD dr Soetomo Targetkan Peningkatan Kepuasan Layanan

3-danangSurabaya, Bhirawa
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo terus memacu kenaikan indeks kepuasan layanan pasien sampai 80 persen lebih pada tahun 2014 ini.
”Tahun 2012 RSUD dr Soetomo mendapatkan indeks kepuasan layanan pasien sebesar 76 persen dan naik di tahun 2013 sebesar 78 persen,’ kata Direktur RSUD dr Soetomo dr Dodo Anondo MPH.
Dodo menyatakan, dalam peningkatan indeks kepuasan layanan pasien, pihak RS telah memperbaiki layanan RS kepada pasien, diantaranya adalah perbaikan pelayanan, perbaikan atau penambahan gedung , penyediaan tenaga kesehatan berupa dokter spesialis dan sejenisnya.
Selain itu pihak rumah sakit telah mempersiapkan perbaikan akreditasi dari utama menjadi paripurna. ”Kita telah mempersiapkan perbaikan dan peningkatan mutu pelayanan dengan harapan indeks kepuasan layanan pasien dapat meningkat,” ujarnya.
Diutarakannya, indeks kepuasan layanan pasien sangat perlu ditingkatkan, karena sebagai rumah sakit milik pemerintah RSUD dr Soetomo harus memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.
”Jangan ada anggapan bahwa rumah sakit plat merah tidak mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dikarenakan kurang adanya pemasukan, akantetapi dengan menejemen dan sistem kelola yang baik kualitas pelayanan rumah sakit milik pemerintah bisa lebih baik daripada swasta,” paparnya.
Dodo mengatakan dalam menghadapi ASEAN Free Trade Area (AFTA) seluruh rumah sakit swasta dan pemerintah harus meningkatkan indeks kepuasan layanan pasien. Banyak RS yang tidak meningkatkan indeks kepuasan layanan pasienĀ  nantinya akan berpengaruh terhadap kehidupan RS kedepannya.
”Untuk RS yang tidak meningkatkan indeks kepuasan layanan pasien nantinya tidak akan mendapatkan pasein dan ini akan berpengaruh terhadap kelangsungan RS,” tambahnya.
Lebih lanjut pria asli Surabaya ini berharap kedepan dengan ditingkatkan indeks kepuasan layanan pasien dapat meningkatkan akreditasi rumah sakit. Saat ini untuk mendapatkan akreditasi utama dan paripurna tidak semua RS mampu untuk memperolehnya. ”Saya yakin semakin besar indeks kepuasan layanan pasiennya maka akan berbanding lurus dengan perolehan akreditasi RS,” urainya.
Sementara itu salah satu pasein RSUD dr Soetomo Hadi mengaku dirinya merasa puas dengan pelayanan RSUD dr Soetomo. Menurutnya, meski pelayanan RSUD dr Soeotmo terasa lebih lama tidak membuat masyarakat untuk memilih ke rRS milik permintah ini.
”Memang jumlah pasien di RSUD dr SOetomo ini lebih banyak daripada RS lainnya sehingga berpengaruh terhadap kecepatan pelayanan,” ucapnya singkat. [dna]

Keterangan Foto : Pelayanan yang diberikan RSUD dr Soetomo kepada para pasien

Tags: