Siapkan SDM Unggul, UK Petra Tekan MoU dengan PT SPIL

Rektor UK Petra Prof Djwantoro Hardjito (kiri) dan Vice President PT SPIL Widarta Liunanda tandatangani Memorandum of Agreement.

Tingkatkan Kompetensi Pendidikan di Bidang Pelayaran dan Logistik
Surabaya, Bhirawa
Upaya meningkatkan kompetensi pendidikan dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Universitas Kristen (UK) Petra dengan menjalin kerjasama antara PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) yang merupakan industri pelayaran terkemuka di Indonesia, Rabu (20/11) kemarin.
Menurut Rektor UK Petra, Prof Dr Ir Djwantoro Hardjito, penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) merupakan salah satu upayanya mendukung program pemerintah dalam memperlancar logistic nasional.
“Dengan adanya penandatanganan ini, artinya pendidikan dan dunia industri pelayaran akan bergandengan tangan dalam menyiapkan SDM unggul dan maju,” ujarnya.
Langkah ini juga menjadi kesempatan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan industri dalam menyongsong Era Revolusi Industri 4.0. Nantinya, jelaskan Prof Djwantoro, kerjasama itu akan menyasar pada penelitian bersama, Praktek Kerja Lapangan (PKL) hingga rekrutmen pegawai. Sehingga dengan adanya MoA ini bisa memfasilitasi akademika UK Petra untuk lebih mengembangkan diri secara kemampuan, khususnya di bidang industri logistik dan pelayaran.
Prof Djwantoro juga mengungkapkan, jika kerjasama nantinya bisa berlaku untuk lintas prodi. Karena di awal kerjasama ini baru manajemen pariwisata yang bergabung. Dan kebetulan yang linier baru itu. Tetapi nanti bisa menjadi ke lintas prodi.
Sebelumnya, diakui Prof Djwantoro, selain menjalin kerjasama dengan PT SPIL dalam pengembangan SDM unggul dan maju, pihaknya juga tengah fokus dalam merivisi kurikulum. Seperti halnya memasukkan mata kuliah literasi digital yang melingkupi big data dan Artificial Intelligence (AI), link and match dengan industri dan live long learning.
“Kurikulum baru ini akan diterapkan untuk semua program studi. Jadi tidak hanya jurusan teknik informatika saja. Dan baru akan dimulai di angkatan 2020,” pungkasnya.
Sementara itu, Coorporate Comunication Manager PT SPIL, Didik Suharsono berharap, melalui kerjasama itu akan terbentuk platform research and education antar perguruan tinggi sebagai jembatan antara institusi pendidikan tinggi, pemerintah, industri dan lembaga penelitian guna meningkatkan daya saing nasional dalam persaingan global. [ina]