SMANOR Buka PSB untuk 11 Cabor

28-smanorSurabaya, Bhirawa
Atlet pelajar berprestasi yang baru lulus dari SMP dan ingin meningkatkan kemampuannya, kini bisa mendaftar ke Sekolah Menengah Atas Negeri Olahraga (SMANOR), sebab skolah yang berada di Sidoarjo itu membuka Penerimaan Siswa Baru (PSB) mulai 2-9 Juni
MenurutĀ  Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Dr. Harun, M.Si, MM, untuk tahun ajaran baru ini, pihaknya tetap membuka kualifikasi pada 11 cabor, yakni Judo, Karate, Pencak Silat, Gulat, Atletik, Panjat Tebing, Sepak Takraw, Voli Pantai, Selam, Renang, dan Sepatu Roda. “Kami sengaja menjadwalkan untuk pendaftaran PSB lebih awal dibanding sekolah reguler lainnya. Ini dilakukan agar bagi mereka yang tak lolos seleksi, bisa mendaftar di sekolah reguler lainnya,” kata Harun, Selasa (27/5).
Pihaknya sudah siap selangkah lebih baik dari PSB sebelumnya, karena sarana-prasarana latihan kini lebih memadai. Pada 2014 ini, sejumlah fasilitas latihan telah siap digunakan. Sedangkan asrama pemondokan, juga telah siap untuk ditempati, dan telah direnovasi.
Secara teknis, pelaksanaan PSB hampir sama dengan PSB sebelumnya, yakni ada tes umum, kemudian tes spesifikasi dan keahlian, selanjutnya tes psikologi, tes kesehatan, dan penentuan akhir yang didapat dari rapat pleno.
“Yang berbeda tahun ini dibanding tahun sebelumnya yakni tahap seleksi turut meminta bantuan dari Pengprov 11 Cabor yang ada di SMANOR. Tujuannya, agar mendapatkan input yang lebih berkualitas dan outputnya nanti bisa langsung mendapatkan perhatian dari Pengprov dan KONI Jatim tentunya,” jelasnya.
Selain itu, untuk mendapat hasil yang valid dengan mencegah penilaian subyektif, maka pihak SMANOR menggandeng tim independen berupa tim ahli yang mengukur kemampuan calon siswa atau pendaftar salah satunya dari Tim ahli UNESA.
“Kami juga menggunakan pelatih-pelatih nasional dalam menyeleksi calon siswa pada tahapan tes spesifikasi,” tambahnya.
Nantinya, tahapan-tahapan dan tanggal pelaksanaan, dapat diketahui di UPT SMANOR Jatim, atau di situs resmi UPT SMANOR Jatim di www.dindik.jatimprov.go.id/uptsmanor/. [wwn]

Rate this article!
Tags: