SMKN I Bojonegoro Mantapkan Persiapan UNBK

Bojonegoro, Bhirawa
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tinggal beberapa hari lagi. Untuk tingkat Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) dijadwalkan melaksanakan ujian pada 16 Maret 2020. Para siswa maupun guru, SMK Negeri I Bojonegoro turut terlibat terus memantapkan persiapan dalam menghadapi ujian.
Kepala SMK Negeri 1 Bojonegoro, Fatkhurrrokhim MPd mengatakan, berbagai persiapan sudah dilaksanakan, sejak bulan September kemarin, siswa kelas XII juga melaksanakan belajar tambahan untuk membahas mengenai kisi-kisi soal UNBK agar dapat semakin siap dalam menghadapi soal-soal ujian.
“Selain belajar, simulasi UNBK juga sudah dilaksanakan, agar mereka tidak gugup dan siap menghadapi UNBK dengan tenang dan menjawabnya dengan baik dan benar,” katanya.
Lebih lanjut, Fatkhurrrokhim menuturkan, sebanyak 514 siswa kelas XII yang tahun ini mengikuti UNBK selama empat hari, yang dibagi menjadi tiga sesi ujian per harinya. Hal ini dilakukan karena harus menyesuaikan dengan jumlah komputer yang tersedia.
Kemudian untuk sarana – prasarana, termasuk apabila terjadi listrik padam, pihaknya sudah siapkan genset untuk pengganti listrik padam, sehingga ujian nanti bisa berjalan dengan lancar.
“Untuk alat komputer kami sudah siap, begitu pula simulasi UNBK juga sudah dilaksanakan dan sebelum pelaksanaan ujian, kami juga akan mengadakan doa bersama mengundang orang tua siswa,” tuturnya.
Tempat terpisah, Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jawa Timur wilayah Bojonegoro, Adie Prayitno mengatakan, UNBK SMK dilaksanakan pada pertengahan Bulan Maret, sedangkan SMA akhir Maret.
“Untuk SMA sebanyak 5.396 peserta, sedangkan SMK 7.300, sehingga jumlah keseluruhan pesertanya 12.696 siswa,” jelasnya.
Pada UNBK tahun ini ada 49 SMA dan 56 SMK yang siap menggelar ujian secara mandiri, Pada UNBK tahun 2020 ini total sebanyak 12.696 siswa bakal mengikuti Ujian. Kini, Cabang Dinas juga masih menunggu Juknis UNBK untuk persiapan mulai dari tim teknisi termasuk proktor juga perlu penyegaran server. [bas]

Tags: