Suka Batik Berkat Dorongan Ibu, Kini Didapuk sebagai Duta Batik Jatim

Indrawati Kusuma Dewi

Indrawati Kusuma Dewi

Kabupaten Bojonegoro, Bhirawa
Indrawati Kusuma Dewi (14) warga Desa Ngumpakdalem, tepatnya  Perumahan Puri Dander Bojonegoro tak menyangka bisa didapuk sebagai Duta Batik Jatim. Namun bagi dara manis ini, batik bukan sesuatu yang asing. Sejak TK dia mengaku jatuh cinta sama batik, ibunyalah yang mengenalkan dia  untuk mencintai aset bangsa ini.
Indrawati Kusuma Dewi, dara yang kini masih duduk di bangku kelas 2 di SMPN 1 Bojonegoro itu memang sudah sering menjuarai sejumlah even bergengsi di Tanah Air. Namun, pengalaman menjadi duta batik  tidak pernah dibayangkan sebelumnya.
Puteri pasangan Nur Wahyuni dan Ferry Candra Krisna itu dinobatkan sebagai Duta Batik Jatim setelah dia meraih juara pertama dalam sebuah lomba peragaan busana batik di Surabaya akhir bulan lalu.
“Saya bersyukur bisa meraih prestasi ini. Sebelumnya saya juga tidak menyangka bisa menang dan menjadi Duta Batik Jatim,” tutur Indrawati.
Indrawati, adalah orang Bojonegoro kali pertama yang meraih juara duta batik tersebut. Sebab, sejak 8 tahun ajang tersebut diadakan, belum ada yang pernah menang.” Dari Bojonegoro hanya saya yang menang,” ujar anak pertama dari dua bersaudara itu.
Kecintaan Indrawati terhadap batik sudah berlangsung lama, sejak masih duduk di bangku TK. Bahkan ia juga sering menjuarai berbagai lomba fashion yang bertemakan batik. ” Sejak kecil saya memang sudah suka batik. Jadi koleksi batik saya saat ini juga banyak,” terangnya.
Kecintaan Indrawati terhadap batik melalui sebuah proses. Orang yang selalu mendorongnya agar menyukai batik adalah ibunya. ” Sejak kecil ibu saya selalu mengajarkan untuk mencintai  batik, dan selalu menyuruhnya agar saya selalu menyukai busana warisan leluhur ini,” jelasnya.
Sejak menjadi duta batik, berbagai tawaran menghampiri dirinya, mulai tawaran sebagai foto model hingga casting bermain sinetron. ” Rencananya minggu depan mungkin saya ikut casting ke Jakarta,” tuturnya.
Saat ini koleksi batik Indrawati sudah cukup banyak. Koleksi batik yang paling ia sukai adalah batik dari Banyuwangi. Sebab, batik dari Banyuwangi memiliki ciri khas yang unik. ” Motifnya unik jadi saya suka. Batik Bojonegoro dan batik Tuban saya juga suka,” tandasnya.
Kini setelah ia didapuk sebagai Duta Batik Jatim, ia harus mempelajari berbagai macam motif batik dari sejumlah daerah di Indonesia terutama Jatim. Hal tersebut harus bisa dilakukannya, sebab itu adalah tuntutan baginya.Karena ia harus bersiap mendampingi istri Gubernur dan Wagub Jatim ketika sedang ada even bertemakan batik. “Karena sebagai duta batik jatim saya harus mahir menjelaskan bagaimana batik-batik dari Jawa Timur, apa saja motifnya. Pendeknya harus bisa menjelaskan seputar batik Jatim,” tuturnya.
Dia mengaku senang didapuk sebagai Duta Batik Jatim. Dia berjanji akan memperkenalkan batik daerah asalnya ke masyarakat luas di seluruh Jawa Timur. “Ini adalah kesempatan buat saya untuk mengangkat budaya Bojonegoro,” pungkasnya. [bas]

Tags: