Tak Lolos SKD, 301 CPNS Kota Batu Berhak Ikut SKB

Suasana tes CPNS berbasis CAT di Hotel Empire, Surabaya mulai berjalan normal setelah sempat mengalami perubahan jadwal, Selasa (30/10).

Kota Batu, Bhirawa
Sebanyak 301 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Batu seolah kesempatan kedua. Walaupun sudah dinyatakan tidak lolos atau gagal dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), namun mereka tetap bisa mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang akan dilaksanakan 8 Desember mendatang. Kesempatan ini diperoleh setelah namanya masuk dalam daftar hasil perangkingan yang dilakukan Badan Kepegawaian Negara (BKN) bersama Pemkot Batu.
Diketahui, dari hasil pelaksanaan SKD dengan sistem Compurter Assisted Tes (CAT) hanya ada 146 CPNS Kota Batu yang memenuhi passing grade yang dibutuhkan. Akibatnya, hanya ada 146 CPNS yang dinyatakan lolos SKD dan berhak untuk mengikuti SKB pada 8 Desember di Jember.
“Namun jika hanya 146 CPNS yang ikut SKB sudah dipastikan kebutuhan formasi PNS di Kota Batu tidak akan terpenuhi,”ujar Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, Selasa (4/12).
Kemudian dalam upaya mengisi formasi maka CPNS yang tidak lulus passing grade (PG), sesuai Permenpan 61 Tahun 2018 tentang Optimalisasi Pemenuhan Kebutuhan/ Fomasi PNS maka BKN bersama Pemkot Batu melakukan pengolahan terhadap CPNS yang tidak lolos tersebut.
Proses perangkingan antara BKN dan Pemkot Batu telah dilaksanakan pada tanggal 24 November 2018 di kantor Menpan Jakarta. Hasilnya, diputuskan bahwa CPNS Kota Batu yang bisa mengikuti SKB CPNS Tahun 2018 sebanyak 447 orang. Artinya, ada 301 CPNS yang awalnya tidak lolos SKD diputuskan bisa melanjutkan mengikuti tes selanjutnya atau SKB.
“Dan nama- nama yang akan mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB ini akan diumumkan di website Pemerintah Kota Batu : www. batukota.go.id dan www.sscn.bkn.go.id,”tambah Punjul.
Adapun pelaksanaan SKB untuk CPNS Kota Batu dilaksanakan di Kabupaten Jember. Tes dilaksanakan pada tanggal 8 Desember 2018 bertempat di Balai Serba Guna, kompleks GOR Kaliwates, Jl. Nusantara 12 Kabupaten Jember. [nas]

Tags: