Timses Kota Batu Masih Mengidolakan Jalan Protokol Untuk Pasang APK

Bawaslu Kota Batu dan Satpol PP menertibkan APK yang melanggar di Jl.Anggrek, Desa Pesanggarahan Kota Batu, Kamis (27/12)

Kota Batu,Bhirawa
Beberapa ruas jalan protokol di Kota Batu masih menjadi incaran bagi tim sukses (Timses) calon yang menjadi para pemasang alat peraga kampanye (APK). Akibatnya, Bawaslu Kota Batu kembali menggelar penertiban APK di 3 Kecamatan Kota Batu, Kamis (27/12) Hasilnya, Bawaslu bersama Satpol PP berhasil menertibkan 37 APK nakal.
Ketua Bawaslu Kota Batu, Abdur Rochman S.T mengatakan penertiban APK yang dilakukan oleh Bawaslu merupakan kegiatan yang dilakukan secara berkelanjutan yang telah diinstruksi Bawaslu Pusat.
Mengingat banyak APK yang masih melakukan pelanggaran. Utamanya di jalan protokol seperti Ir. Soekarno, Muh Hatta, Pattimura, H. Agus Salim dan Jalan Trunojoyo.
“Selain itu penertiban APK ini bertujuannya untuk menjaga kebersihan lingkungan di Kota Batu. Serta dalam penertibannya kami juga telah mengirimkan surat imbauan terlebih dahulu. Sehingga ada beberapa yang telah melakukan perbaikan,” ujar Rochman, Kamis (27/12).
Ia menjelaskan lebih lanjut, dalam penertiban APK dilakukan bagi calon peserta Pemiku yang melanggar PKPU dan Perwali Nomor 23 Tahun 2012. Di mana aturan tersebut menjelaskan tentang pedoman penataan atribut partai politik dan peserta pemilu.
Untuk larangan pemasangan APK sesuai aturan diantaranya di pohon dengan cara dipaku, di tiang listrik PJU. Setta APK yang ditempatkan di dekat tempat ibadah, sekolah, rumah sakit dan bangunan pemerintah.
“Untuk pemasangan APK memang masih banyak yang melanggar. Namun jika dibanding dengan penertiban sebelumnya pelanggaran lebih sedikit. Sebelumnya tercatat ada 77 APK ditertibkan. Sehingga total pelanggaran sejak memasuki masa kampanye hingga saat ini ada 114 pelanggaran,” jelas Rochman.
Pelanggaran yang lebih sedikit dibanding sebelumnya karena timses telah memperbaikinya. Diungkapkan Rochman beberapa Caleg sepeti yang memperbaiki sendiri setelah diberikan surat imbauan adalah Bambang Prahmono dari Gerindra dan Khamim Tohari dari PDIP Kota Batu.
Ia menguraikan untuk pelanggaran pemasangan dan penempatan APK dengan dipaku di pohon, diikat di tiang telepon, tiang listrik, PJU, dan penempatan di dekat sekolah. Sementara untuk pelanggaran APK terbanyak berada di Kecamatan Kecamatan Batu.
“Dari 37 APK yang ditertibkan sebanyak 21 APK jenis Baliho. Sedangkan sisanya adalah spanduk yang saat ini barang bukti telah diamankan di Glgudang Panwas Kota Batu,” pungkas Rochman.(nas)

Tags: