Tingkatkan Kompetensi Kasek-Guru Dalam Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19

Peserta workshop tampak semangat mengikuti rangkaian kegiatan yang diadakan K3S hasil kerjasama dengan PGRI Cabang Situbondo. [sawawi]

Kadispendikbud Apresiasi Kegiatan K3S Kerjasama dengan PGRI
Situbondo, Bhirawa
Meski masih berada di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, pelaku pendidikan yang ada di Kota Santri Situbondo pantang surut dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar (PBM).
Salah satu upaya untuk mewujudkan program tersebut, Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SD se-Kecamatan Kota Situbondo mengadakan salah satu kegiatan unggulan bertema “Workshop Peningkatan Kompetensi Kasek Dan Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Daring Dimasa Pandemi Covid 19”.
Hadir dalam kegiatan ini, diantaranya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadispendikbud) Kabupaten Situbondo Achmad Djunaidi dan Korwil Kecamatan Kota Situbondo.
Kadispendikbud Kabupaten Situbondo Acmad Djunaidi sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini yang merupakan gagasan dari para Kasek SD se-Kecamatan Kota.
“Saya sangat mendukung kegiatan peningkatan sistem pembelajaran yang melibatkan Kasek dan guru ini. Apalagi di dalamnya juga melibatkan PGRI Kabupaten Situbondo,” tutur mantan Kadisnakertrans Kabupaten Situbondo itu.
Sementara itu Ketua K3S SD Kecamatan Kota Situbondo Fita Ariyani MPd menegaskan, kegiatan workshop bertujuan untuk mewujudkan Situbondo Smart.
Artinya, sebut Kasek teladan itu, Situbondo mulai saat ini hingga kedepan harus memiliki Smart Leader, Smart Teaching, Smart Student and Smart Operator).
“Kami mengucapkan terimakasih kepala bapak Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo (Drs H Achmad Djunaidi Msi) yang berkenan hadir dalam acara yang diagendakan selama tiga hari ini,” sebut Fita Ariyani.
Fita menambahkan, untuk hari pertama, kegiatan dimulai jam 07.30-10.30 dengan agenda workshop khusus diikuti Kepala Sekolah. Adapun materi yang didalami meliputi penjelasan umum tentang pembelajaran dalam jaringan (daring) dimasa pandemi Covid 19 berikut materi microsoft office 365.
Selanjutnya, imbuh Fita, untuk jam kedua dimulai pukul 10.30 – 14.00, yang khusus diikuti para operator sekolah. “Mereka mendalami tentang pembuatan akun Sch.id dan pembuatan jadwal meeting serta pelaksanaan join meeting,” ungkap Fita.
Wanita yang suka berhijab itu menuturkan, khusus kalangan guru kelas rendah juga diikutkan dalam dalam rangkaian kegiatan workshop ini.
Mereka, terang Fita, diberi materi tentang penyusunan materi digital; merancang pembelajaran virtual dan pembuatan soal serta penilaian. Tak cukup itu, sambung Fita, K3S Kecamatan Kota bersama PGRI Cabang Situbondo juga menyelenggaraan workshop yang khusus diikuti perwakilan guru kelas tinggi.
“Para guru ini dilatih materi tentang penyusunan materi digital; merancang pembelajaran virtual serta pembuatan soal dan penilaian,” pungkas Fita.

Ciptakan Smart leader Dengan Pelatihan Moda Daring Microsoft Teams
Kelompok Kerja Kepala Sekolah(K3S) Kabupaten Situbondo mengadakan kegiatan peningkatan kepemimpinan yang prima atau biasa dikenal dengan sebuatan smart leader.
Kegiatan ini diselenggarakan setelah sebelumnya kepengurusan K3S Kabupaten Situbondo secara resmi dikukuhkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo Achmad Djunaidi.
Menurut Fita Ariyani, kegiatan itu disepakati untuk diadakan dengan sistem rapat virtual yang melibatkan seluruh Ketua K3S se-Kabupaten Situbondo. Fita menegaskan, kegiatan tersebut disepakati dengan tema “Pelatihan Penggunaan Moda Daring Microsoft Teams Dimasa Pandemi Covid 19 Bagi K3S se-Kabupaten Situbondo”.
“Ini diadakan agar K3S Kabupaten Situbondo bisa merealisasikan program Smart Leader. Kegiatan ini secara resmi dibuka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo (Drs H Achmad Djunaidi Msi) di aula SD Islam Al-Abror dengan melibatkan 34 orang. Mereka terdiri dari para ketua K3S dan Operator Kecamatan se-Kabupaten Situbondo,” ujar Fita.
Adapun susunan pengurus K3S Kabupaten Situbondo yang dikukuhkan pada masa bakti 2020-2023, terdiri dari pembina Achmad Djunaidi (Kepala Dispendikbud); Ketua, Fita Ariyani SPd MPd (Ketua K3S Kecamatan Kota Situbondo). Sedangkan untuk posisi Wakil Ketua dijabat Drs Suhartoni (Ketua K3S Kecamatan Sumbermalang); Sekretaris dijabat Hadi Sukomulyono SPd MPd (Ketua K3S Kecamatn Panji) serta terakhir Bendahara dijabat Poniman SPd (Ketua K3S Kecamatan Asembagus).
“Semoga semua pengurus K3S bisa menjalankan tugasnya dengan baik,” ujar Achmad Djunaidi, Kadispendikbud Kabupaten Situbondo. [awi]

Tags: