Viva Cosmetics Mulai Lirik Pasar Mancanegara

Tim Viva saat melakukan photoshoot dan mendukung acara Festival Indonesia Moskow di Rusia.

Surabaya, Bhirawa
Produsen kosmetik legendaris asal Indonesia, Viva Cosmetics, melirik pengembangan pasar baru di luar negeri. Terbaru, perusahaan yang berpusat di Surabaya itu melakukan penelitian pasar ke Rusia. Setelah pada beberapa bulan lalu juga melakukan hal yang sama ke Perancis dan Oman.
Direktur Distribusi Viva Cosmetics, Yusuf Wiharto mengungkapkan wilayah Indonesia Timur, pasar luar negeri menyimpan potensi yang bagus. Terlebih produk Viva ternyata juga cocok diaplikasikan di negara- negara tersebut.
“Pengamatan terus kami lakukan untuk mengetahui karakter masyarakat, dan kecocokan dengan produk yang akan dipasarkan,” terangnya, Rabu (14/8).
Yusuf menambahkan kehadiran Viva di Rusia juga dalam rangka mensupport Festival Indonesia Moskow yang dihelat KBRI pada awal Agustus lalu.
Sementara itu festival yang dihadiri ribuan orang setiap harinya itu sudah berlangsung selama 4 tahun berturut-turut. Untuk kali ini acara dipusatkan di jantung taman Krasnaya Presnya, Moskow.
Viva mengirimkan Senior Beauty Consultant, Tini B. Renan dan MUA Sonny Soesanto yang mampu me-make up model hanya dalam waktu 5 menit. Setiap hari selama festival Tini dan Sonny mendandani setidaknya 30 model Rusia.
Hasil dandanannya tidak main-main. Itu terlihat saat show berlangsung dan hujan turun deras, make up tetap terjaga dan tidak luntur. “Dari situ pujian langsung kami dapatkan, baik dari model maupun pengunjung. Mereka kagum dengan kualitas Viva,” ujar Yusuf.
Menurut Yusuf, memasarkan produk ke luar negeri memang butuh penelitian yang mendalam. “Sebab yang dipertaruhkan bukan hanya nama produk, tetapi juga perusahaan dan negara. Bila produk bagus, secara otomatis akan mendongkrak nama negara asal perusahaan. Karena itu kita tidak mau setengah-setengah,” pungkas Yusuf.
Selain itu pertumbuhan Viva sendiri pada semester pertama tahun ini cukup baik. Dan, usainya pelaksanaan pemilu membuat perusahaan yakin pertumbuhan di semester dua dan tahun depan akan jauh lebih baik lagi. “In Shaa Allah, target kita bisa mencapai double digit,” kata Yusuf optimis.
Adapun salah satu cara yang dilakukan untuk mencapai target itu adalah dengan rutin penetrasi pasar dan mengeluarkan produk baru. “Tiap tahunnya, Viva Cosmetics selalu berkomitmen untuk terus berinovasi dan memenuhi kebutuhan perempuan Indonesia dengan menjaga kualitas setiap produk,” tandasnya. [riq]

Tags: