Wali Kota Jadikan Bersepeda Ajang Koordinasi dan Serap Aspirasi

Wali Kota Madiun, Maidi paling depan, saat gowes atau sepedaan bersama LPMK kelurahan Manisrejo Kecamatan Taman Kota Madiun, Minggu (13/9). [sudarno/bhirawa]

Kota Madiun, Bhirawa
Wali Kota Madiun, Maidi bersama Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan (LPMK) di Kota Madiun setiap minggu atau setiap saat kesempatan mengadakan gowes atau bersepeda bersama keliling Kota Madiun.

Kegiatan ini sudah dimulai beberapa waktu lalu di wilayah Kecamatan Kartoharjo. Kali ini, Kelurahan Manisrejo Kecamatan Taman yang menjadi tuan rumahnya.

”Saya ingin kegiatan ini terus berkeliling bergantian dari satu kelurahan ke kelurahan yang lain. Kita bisa olahraga bareng sekaligus melihat potensi dan permasalahan yang ada di kelurahan tuan rumah,” kata Wali Kota Madiun, Maidi ketika gowes bersama LPMK Kelurahan Manisrejo Kecamatan Taman Kota Madfiun, Minggu (13/9).

Kegiatan gowes memang tak sekedar bersepeda bareng, tetapi juga ajang bertukar pikiran, koordinasi dan serap aspirasi. Apalagi, ketua LPMK di 27 lurah dan camat juga turut di dalamnya. Mereka tentu memahami benar permasalahan di tingkat bawah. Wali kota berharap masukan dan saran dari para pejabat di tingkat kelurahan tersebut.

”Pemerintah kota punya program jalur wisata sepeda yang rutenya sampai di kelurahan. Saya ingin rute bersepeda bareng LPMK ini berkeliling dulu di kelurahan yang menjadi tuan rumah. Sekaligus kita cek kesiapan jalur wisata sepeda yang ada di kelurahan tersebut,” harap Wali Kota.

Wali Kota Madiun, Maidi, juga berharap LPMK semakin modern ke depan. Artinya, semua dapat menjadi jembatan antara pemerintah dan masyarakat. Jadi teman sharing yang baik dengan petugas kelurahan. Karenanya, Wali Kota berkeinginan untuk mengajak ketua LPMK untuk studi banding. Harapannya, para ketua tersebut mendapat gambaran bagaimana mewujudkan LPMK yang semakin baik ke depan.

”Tolong saya dicarikan info, LPMK daerah mana yang sudah terbukti bagus. Kita fasilitasi untuk studi banding ke sana,” tegas Wali Kota Maidi, seraya menambahkan, kegiatan bersepeda bareng LPMK tersebut bakal digelar rutin ke depan. Rencananya, kegiatan berganti ke wilayah Kecamatan Manguharjo ke depan. [dar]

Tags: