Warga Dusun Alas Lanjeng Bisa Nikmati Listrik Berkat FPKB DPRD Bondowoso

Saat menyampaikan sambutannya, Ketua Fraksi PKB DPRD Bondowoso H Tohari, S.Ag dalam acara tasyakuran “Nyata Nyala” atas terpasangnya KWH meter gratis di Dusun Alas Lanjeng Desa Blimbing Kecamatan Klabang Kabupaten Bondowoso. (Ihsan Kholil/Bhirawa)

Bondowoso, Bhirawa
Bertahun-tahun lamanya, warga Dusun Alas Lanjeng tak bisa menikmati listrik dengan seutuhnya. Diketahui Dusun Alas Lanjeng adalah salah satu dusun terpencil di Desa Blimbing Kecamatan Klabang Kabupaten Bondowoso. Dusun tersebut dikelilingi hutan jati, perjalanan ke dusun itu, harus melewati alas hutan sepanjang 30 km atau sekitar 2 jam perjalanan dengan jalan yang terjal dan bebatuan dari Kecamatan Klabang. Sedangkan jarak dengan pusat pemerintahan desa, sekitar 7 kilometer, dan harus melintasi lahan milik Perhutani.
Sekian tahun itu di dusun tersebut, sedikitnya hanya ada 4 rumah yang terpasang KWH meter dengan sistem curah. Yakni dari 4 KWH meter ini dialirkan ke seluruh rumah warga dengan pemakaiannya yang sangat terbatas.
Namun, berkat kerja nyata Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di DPRD Bondowoso, dengan sebanyak 110 rumah atau 117 KK di Dusun Alas Lanjeng tersebut mendapatkan bantuan pemasangan KWH meter gratis dan akhirnya mereka bisa menikmati listrik dengan sempurna.
Hal itu dilakukan melalui pokok pikiran (Pokir) Ketua Fraksi PKB, yakni H.Tohari di DPR, dengan dianggarkan Rp 200 juta dari dana APBD Tahun 2019, untuk bantuan KWH meter gratis di dusun tersebut. Sementara jaringan senilai Rp 7 Miliar lebih yang disiapkan oleh PT PLN.
Atas dipasangnya KWH meter gratis tersebut, warga Dusun Alas Lanjeng Desa Blimbing Kecamatan Klabang Kabupaten Bondowoso itu, melakukan tasyakuran dengan menyungsung tema “Nyata Nyala” pada Sabtu malam (7/3) di dusun tersebut. Hadir dalam acara itu, Bupati Drs KH Salwa Arifin, Ketua Fraksi PKB H Tohari S.Ag., anggota Fraksi PKB H Imron Humaidi, Manager PLN area Situbondo dan Rayon Wonosari, Asisten III Pemkab Bondowoso, Kabag Perekonomian, Camat Klabang, dan Kades Blimbing.
Ketua Fraksi PKB DPRD Bondowoso, H Tohari, S.Ag, meminta kepada warga Dusun Alas Lanjeng untuk terus bersyukur atas nikmat yang sudah diterima. Yakni berupa KWH meter gratis.
“Caranya dengan memanfaatkan listrik seperlunya, dan merawat dengan baik dan tidak melanggar sebagaimana aturan yang sudah di tetapkan oleh PLN,” imbau Tohari dalam sambutannya.
Tak hanya itu kata dia, bahwa masih banyak dusun di Kabupaten Bondowoso ini yang masih belum teraliri listrik.” Untuk itu, ke depan saya berharap kepada pemerintah daerah, untuk terus berusaha bersama-sama PT. PLN mengatasi kebutuhan masyarakat tersebut,” harap Sekretaris DPC PKB Bondowoso itu.
Sementara itu, Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin mengaku sepakat dengan apa yang disampaikan Ketua Fraksi PKB DPRD Bondowoso.
“Saya berkomitmen untuk terus bersama DPRD, dalam menuntaskan pembangunan di Bondowoso,”akuinya. Disisi lain, Bupati Salwa pun memaparkan bahwa pihaknya akan terus berupaya menuntaskan pembangunan jalan di Dusun Alas Lanjeng.
“Khusus untuk alas lanjeng, insyaAllah Pemerintah Daerah akan menuntaskan pembangunan jalan Blimbing Alas Lanjeng sebagaimana yang di mohon oleh masyakat, pungkasnya.
Ditempat yang sama, salah seorang tokoh Dusun Alas Lanjeng, H Edy Tomas, mengaku bersyukur dan berterimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan KWH meter gratis.
Karena menurutnya, pemangku kebijakan telah memikirkan sekaligus memberikan solusi atas kesulitan dan kebutuhan listrik masyarakat, khususnya di Dusun Alas Lanjeng.
“Alhamdulillah nyata nyala, kami berterima kasih khususnya kepada bapak H.Tohari, bapak H.Imron Humaidi, KH Salwa Arifin dan segenap jajaran pemerintahan di Bondowoso yang telah memikirkan sekaligus memberikan solusi atas kesulitan dan kebutuhan masyakat alas lanjeng hususnya,”ungkapnya penuh syukur. [san]

Tags: