1.250 Banser Amankan Perayaan Natal di Surabaya

Barisan Ansor Serbaguna (Banser)Surabaya, Bhirawa
Sebanyak 1.250 personel Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dikerahkan untuk menjaga perayaan Natal 2014 di Surabaya. Mereka akan membantu petugas keamanan dari kepolisian dan pihak terkait lainnya.
Ketua Pengurus Cabang GP Ansor Kota Surabaya, Muhammad Asrori Muslich, mengatakan, 1.250 personel Banser yang dikerahkan tersebut berasal dari 31 kecamatan yang ada di Surabaya. Mereka akan disebar ke semua gereja yang ada di Surabaya, baik gereja besar maupun gereja kecil yang ada di kampung-kampung, ketika ummat Kristiani merayakan Natal, Rabu (24/12/2014) malam.
“Setiap gereja akan dijaga oleh 10 Banser. Tak ada pembedaan antara gereja besar dan kecil,” ujarnya, Senin (22/12).
Untuk mendukung pengamanan Natal tersebut, pihaknya, kata Asori sudah melakukan koordinasi dengan aparat kepolisian. Bahkan untuk personel yang dikerahkan kali ini jumlahnya dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun 2013 lalu, Banser ikut mengamankan Natal yang sekitar 600 personel.
“Pihak kepolisian menyambut baik dan mengapresiasi apa yang dilakukan Banser. Apalagi sekarang kita lebih aktif lagi, karena persaudaraan antar sesama makin terjalin bagus,” jelasnya.
Terkait pola distribusi personel, Banser mengamankan gereja yang ada di wilayah kecamatan masing-masing. Misalnya, Gereja Kristus Raja yang masuk wilayah Kecamatan Tambaksari akan diamankan oleh Banser dari Satkor I PAC Ansor Tambaksari atau . Demikian juga dengan Gereja Bethani yang ada di Kecamatan Sukolilo, Banser yang menjaga berasal dari Satkor PAC Ansor Sukolilo.
“Jadi pengamanan yang kita lakukan berbasis wilayah teritori. Karena Banser di sana yang paham wilayahnya masing-masing,” tegasnya.
Selain itu, sejumlah personel Banser dari Satkorcab dan pengurus Cabang Ansor juga akan disebar keliling ke sejumlah wilayah di Surabaya untuk memantau kondisi perayaan Natal.  Menurut Asrori, pengamanan Natal oleh personil Banser sesuai dengan instruksi dari Satkornas Banser Pusat dan GP Ansor Surabaya.
Selain itu, sejak era Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Banser terlibat aktif dalam penjagaan gereja saat peribadatan Natal dan Tahun Baru. Sehingga partisipasi yang dilakukan hingga saat ini tersebut juga untuk menjaga dan melestarikan warisan Gus Dur yang juga mantan Ketua Umum PBNU tentang pluralisme dan saling menghormati antar umat beragama. [cty]

Tags: