1.500 TP PKK Kota Malang Ikuti Rapid Test

Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur Arumi Bachim saat memantau Rapid Test di Kota Malang, disambut Ketua tim Penggerak PKK Kota Malang Ny. Widayati Sutiaji Rabu 22/7 kemarin

Kota Malang, Bhirawa
Seribu lima ratus peserta mengikuti rapid test, atau tes cepat yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Malang Tim Penggerak (TP) PKK Kota Malang, di gedunh Kartini Jalan Tangkuban Perahu Kota Malang, Rabu (22/7) kemarin.

Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Peningkatan Sumber Daya Manusia Kesehatan dr. Mariya Mubarika dan Ketua TP PKK Jawa Timur, Arumi Bachsin, hadir secara langsung pada kegiatan tersebut.

Mariya Mubarika mengatakan agenda rapid test tersebut adalah untuk menyiapkan para perempuan anggota TP PKK Kota Malang sebagai salah satu agen pencegahan penyebaran Covid-19 di tingkat keluarga.

Sebagai seorang ibu, kata dia harus menyiapkan keluarga agar tetap patuh menjalankan protokol kesehatan. Rapid test, yang digelar itu juga untuk memastikan bahwa perempuan anggota TP PKK Kota Malang sebagai agen utama pencegahan Covid-19 di lingkungan keluarga dalam keadaan sehat.

“Pencegahannya bisa dilakukan dengan rapid test. Selain melakukan cara ini, ibu juga harus memastikan jangan sampai keluarga pulang bawa virus,” katanya.

Selain itu, di juga mengharapkan bahwa tim TP PKK Kota Malang juga bisa menggerakkan dan mengedukasi perempuan disekitarnya terkait dengan Covid-19.

Seperti halnya, menyebarkan informasi langkah pencegahan, mencegah penyebaran berita bohong, hingga membantu supply makanan terhadap tetangga yang melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Harapannya, gerakan ini bisa dilakukan di seluruh Indonesia, sehingga mampu menekan penyebaran Covid-19,” tukasnya.

Sementara itu, Arumi Bachim Ketua TP PKK Jawa Timur, menyatakan rapid test tersebut dilakukan untuk memberikan semangat untuk TP PKK memaksimalkan peran selama masa pandemi.

“Perannya adalah mengajak masyarakat, baik di lingkungan keluarga hingga tingkatan kecamatan untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan,”kata Arumi. [mut]

Tags: