100 Persen Jaringan Telkomsel di Palu dan Donggala Pulih

Telkomsel telah berhasil melakukan pemulihan jaringan pasca bencana di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, sehingga masyarakat dapat melakukan aktivitas komunikasi dengan normal.

Surabaya, Bhirawa
Pasca bencana di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah kini masyarakat sudah dapat kembali melakukan aktivitas komunikasi voice, SMS dan data dengan normal setelah Telkomsel berhasil melakukan pemulihan jaringan.
Direktur Network Telkomsel, Bob Apriawan saat dikonfirmasi Bhirawa, Senin (15/10) kemarin mengungkapkan pihaknya bersyukur saat ini layanan komunikasi suara, SMS dan data Telkomsel sudah kembali normal di wilayah Palu dan Donggala.
“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dan membantu selama masa pemulihan jaringan kami pasca gempa. Kini masyarakat Palu dan Donggala serta pihak-pihak yang terlibat dalam upaya pemulihan dapat menggunakan layanan komunikasi dengan normal tanpa ada suatu gangguan yang berarti,” terangnya.
Bob Apriawan menambahkan untuk kenyamanan jaringan komunikasi, Telkomsel akan terus memantau site-site jaringan yang berpotensi mengalami gangguan dengan menyiapkan 218 mobile genset untuk catuan daya dan 3 mobile BTS. “Selain itu juga Telkomsel telah menyiagakan 200 personel teknis yang ditempatkan di posko-posko monitoring, command center serta lokasi-lokasi BTS untuk melakukan troubleshoot dan back up genset,” ujarnya.
Sedangkan dari sisi pelayanan pelanggan dan ketersediaan produk, Telkomsel telah membuka 7 kantor pelayanan GraPARI di Palu, Sigi, Donggala, Kota Raya, Parigi, Pasangkayu, Poso, dan Toli-Toli, serta GraPARI, sementara di 3 lokasi yakni halaman GraPARI Palu, STO Telkom Palu dan Bandara Palu. Sebanyak 2.010 outlet aktif dan 8 Mogi juga disebar untuk menjaminkan ketersediaan 20 ribu kartu perdana simPATI bagi pelanggan.
“Kami juga memprioritaskan titik-titik vital yang penting dalam proses pemulihan bencana seperti Kantor Pemerintahan, 17 Posko Pengungsian, Bandara, Pelabuhan, Depo Pertamina, Kantor PLN, dan Rumah Sakit. Di titik-titik tersebut kenyamanan layanan komunikasi baik SMS, Voice, maupun Internet kami pastikan lancar dan terus terjaga,” jelas Bob.
Untuk kelancaran upaya pemulihan wilayah bencana Telkomsel memberikan paket layanan telpon dan SMS gratis ke semua operator kepada seluruh pelanggan Telkomsel di Palu dan Donggala. Paket gratis nelpon dan SMS dapat diaktifkan dengan menu UMB *888*20# atau SMS, Ketik SULTENG Kirim ke 8999 hingga 14 Oktober 2018.
Selain itu, sebanyak 1.000 SIM card simPATI telah diserahkan kepada POLDA Sulteng dan para relawan untuk mendukung aktivitas koordinasi di lapangan. Telkomsel juga mendirikan posko tanggap bencana, posko untuk pencarian keluarga yang hilang dan dapur umum di depan GraPARI Palu. “Bagi pelanggan yang ingin berdonasi, Telkomsel bekerjasama dengan Rumah Zakat membuka layanan donasi bagi korban gempa Donggala melalui UMB *800*01#, aplikasi TCASH, maupun QR Code,” ujar Bob. [riq]

Tags: