1000 Pekerja Hotel dan Restoran di Sidoarjo Divaksinasi Covid-19

Selama 2 hari, sekitar 1000 pekerja hotel dan restoran yang ada di Kabupaten Sidoarjo, divaksin oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo di Hotel Utami, Juanda. [alikus/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Melindungi dari penularan Covid-19, sebanyak 1000 orang pekerja hotel dan restoran di Kabupaten Sidoarjo, Kamis (17/6) kemarin, mendapatkan vaksinasi yang kedua. Vaksinasi yang kedua, kemarin, dipusatkan di hotel Utami, Juanda Sidoarjo. Mulai pagi, mereka antri dengan tertib untuk divaksin oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kab Sidoarjo.

Terselenggaranya kegiatan vaksinasi Covid-19 ini, berkat kerja sana antara Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Cabang Sidoarjo, Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo dan dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo. Acara semakin bersemangat, karena sempat dihadiri oleh Wabup Sidoarjo, Subandi.

Ditemui dalam kesempatan itu, Kabid Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kab Sidoarjo, dr M.Atho’ Ilah MM, mengatakan kegiatan vaksinasi yang kedua itu, dilakukan selama dua hari. Mulai tanggal 16 dan 17 Juni. “Sementara kegiatan vaksinasi yang pertama, telah diberikan pada 28 hari yang lalu. Pada vaksinasi yang pertama lalu, selain dilakukan di hotel Luminor Sidoarjo, juga pada Puskesmas di wilayahnya masing-masing,” kata dr Atho’Ilah.

Ketua PHRI Sidoarjo, Ahmadi, dalam kesempatan itu menyampaikan, terjadinya pandemi Covid-19 membuat dunia pariwisata sepi. Tidak terkecuali juga di wilayah Kab Sidoarjo. Kegiatan vaksinasi yang dilakukan itu, kata Ahmadi, semoga dapat sebagai upaya melindungi para karyawan. “Dampak pandemi Covid-19, pajak dari anggota PHRI sempat menurun. Semoga Covid-19 cepat berlalu dan pajak dari PHRI untuk Pemkab Sidoarjo kembali naik seperti semula,” ujarnya.

Disampaikan Ahmadi, hubungan antara PHRI Sidoarjo dengan Pemkab Sidoarjo bertahun-tahun telah terjalin dengan baik. Dari 104 hotel berbagai jenis kelas yang ada di Sidoarjo, yang sudah bergabung menjadi anggota PHRI ada 50 hotel. Sedangkan semua rumah makan yang ada telah bergabung.

“Kami katakan lagi, adanya pandemi Covid-19 yang muncul selama 2 tahun berjalan ini benar-benar menganggu dunia pariwisata, yang tentu saja berdampak pada kami, salah satu pelaku dunia pariwisata,” kata pemilik rumah makan warung redjo itu.

Wakil Bupati Sidoarjo, Subadi, sempat memotivasi para pelaku pariwisata di Kab Sidoarjo itu semoga Covid-19 segera cepat berlalu dan dunia pariwisata di Kab Sidoarjo bangkit seperti semula. Pihaknya akan koordinasi dengan pihak OPD di Pemkab Sidoarjo, agar memanfaatkan fasilitas hotel untuk kegiatan mereka. Sehingga pemulihan ekonomi mulai tumbuh.[kus]

Tags: