13 Nelayan Situbondo Ditemukan Selamat

7-foto B awi-evakuasi nelayanSitubondo, Bhirawa
Setelah melakukan pencarian berjam-jam, akhirnya Tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas, BPBD Kabupaten Situbondo, Satpol Airut Polres Situbondo dan TNI, berhasil menyelamatkan 13 nelayan yang dinyatakan hilang kontak sejak Minggu sore kemarin. Nelayan yang berasal dari Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, dikabarkan hilang kontak, karena perahu Arjuna yang mereka tumpangi mengalami kerusakan mesin saat melaut.
Informasi yang berhasil dihimpun Bhirawa menyebutkan, selama tiga jam Tim SAR gabungan melakukan penyisiran di perairan laut Situbondo-Madura. Tim SAR akhirnya berhasil menemukan13 nelayan itu sedang terombang ambing sekitarĀ  24 mil dari perairan Pantai Kalbut, Desa Semiring, Kecamatan Mangaran, Situbondo. “13 Nelayan ini kemudian dievakuasi ke Pelabuhan Kalbut dengan menggunakan kapal milik Satpol Airut, siang kemarin,” ujar salah satu Tim SAR, kemarin.
Penyelamatan dramatis para nelayan ini disambut tangis histeris anggota keluarga. Mereka tak kuasa menahan haru dan tangis saat melihat anggota keluarganya ditemukan selamat, setelah sebelumnya dinyatakan hilang kontak di tengah laut Situbondo-Madura.
Dari 13 nelayan selamat tersebut ternyata masih ada dua anak di bawah umur. Masing-masing Rahem Abdullah, umur 16 tahun dan Holik, umur 14 tahun. Selain mengevakuasi 13 nelayan, Tim SAR dibantu nelayan setempat juga mengevakuasi perahu kapal Arjuna yang mengalami kerusakan mesin ke Pelabuhan Kalbut, Situbondo.
Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo, Zainul Arifin, ke-13 nelayan tersebut sempat terombang ambing di tengah laut, setelah perahu yang mereka tumpangi mati mesin. “Mereka sempat terseret ombak hinga ke perairan selat Sapudi Sumenep Madura,” ungkap Zainul Arifin.
Zainul Arifin menambahkan, usai penyelamatan, semua kondisi nelayan dalam keadaan baik. “Hanya lima nelayan yang harus mendapat perawatan intensif di Puskesmas Mangaran. Sebab mereka mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan,” pungkas mantan Kepala Bakesbangpol Kabupaten Situbondo itu. [awi]

Keterangan Foto : Proses penyelematan 13 nelayan Situbondo saat dievakuasi Tim Gabungan di Pelabuhan Kalbut, Desa Semiring, Kec. Mangaran, kemarin. [awi/bhirawa]

Tags: