1500 Personel Gabungan Amankan Pilkades Serentak di Pamekasan

Pasukan Raimas Polres Pamekasan sedang beraksi menghalau masa yang mengacaukan jalannya Pilkades serentak (simulasi) berlangsung di Mako Lantas/eks Polwil Madura. [syamsudin/bhirawa]

Pamekasan, Bhirawa
Polres Pamekasan menyiapkan 1500 orang personil gabungan untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa (Pilkades)  serentak di wilayah Kabupaten Pamekasan, pada 11 Oktober 2017, nanti.
Kapolres Pamekasan, AKBP Nowo Hadi Nugroho, S.H, S.I.K, mengatakan, pengerahan 1500 personil keamanan, termasuk BKO dari instansi samping maupun dari Brimob dalam upaya mengantisipasi akan terjadi kerawanan pada Pilkades.
“Pilkades merupakan proses demokrasi namun dalam pelaksanaannya ada semacam adu gengsi antar calon. Karena adu gengsi antar para calon, sehingga kerawanan-kerawanan akan lebih tinggi untuk kita antisipasi,” ujar Nowo.
Untuk itu, pihak Polres Pamekasan menggelar simulasi pengamanan jelang pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Mako Lantas/eks Mapolwil jalan raya Nyalaran,  Pamekasan, Minggu(1/10).
Pada simulasi yang diamati langsung Kapolres Nowo Hadi Nugroho, diperagakan pengamanan dan mengatasi kerusuhan di tempat pemungutan suara (TPS) yang mendapat penjagaan ketat dari aparat keamanan.
Aksi massa dipicu ketidakpuasan terhadap hasil pemilihan kepala desa sehingga mendatangi panitia Pilkades, dan menyampaikan ketidakpuasan dengan menggelar demonstrasi.Menghadapi situasi semakin memanas dan tidak terkendali akhirnya petugas mengambil tindakan tegas, sesuai tahapan dan prosedur.
Menurut Kapolres, simulasi pelatihan pengamanan TPS dalam pelaksanaan pilkades serentak, tidak hanya persiapan personil saja, juga kelengkapannya. Ia berharap, seluruh anggota bisa memahami akan tugas masing-masing personel jika terjadi kericuhan.
“Jadi setiap personel tahu apa yang harus diperbuat jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar pria asal Jepara ini.
Ia menandaskan, gelar simulasi pengamanan pilkades serentak ini, menunjukkan kepada semua masyarakat bahwa Polres Pamekasan telah siap melaksanakan pengamanan Pilkades mendatang.
Pelaksanaan pilkades serentak 2017 di 13 desa tersebut, tersebar di 6 Kecamatan antara lain di Kecamatan Pademawu, Proppo, Pegantenan, Palengaan, Pasean dan Batumarmar. [din]

Tags: