20 Pegawai PN Malang Positif Covid-19, Semua Sidang Ditunda

Kota Malang, Bhirawa
20 orang pegawai Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Malang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Akibatnya, pelayanan di kantor tersebut ditutup pada 14-18 Desember 2020. Dengan adanya penutupan ini, maka agenda persidangan di PN Malang harus ditunda.

Humas PN Malang, Djuanto mengatakan, sampai saat ini pihak PN Malang tidak mengetahui penyebaran awal Covid-19 di lingkungan kantornya.

“Penutupan layanan itu di PN Malang dilakukan dalam rangka sterilisasi dengan menyemprot desinfektan,” katanya, Selasa (15/12) kemarin.

Menurutnya, diketahuinya 20 pegawai PN yang terkonfirmasi Covid-19 setelah dilakukan hasil swab yang dilaksanakan pada hari Kamis dan Jumat pekan kemarin. Kemudian hasil swab itu keluar pada hari Minggu. “Kalau ada hal yang tak diinginkan, tidak menutup kemungkinan penutupan layanan akan diperpanjang, semua tergantung kondisi, karena hampir semua bidang ada pegawai terpapar Covid-19,” sambung Djuanto.

Awalnya, berdasarkan hasil swab, ada dua pegawai bagian sekretariat yang terpapar Covid-19. Untuk mengantisipasi penyebaran, PN Malang melakukan uji swab massal kepada 90 pegawai di lingkungan ini. Hasilnya, 20 pegawai dinyatakan positif Covid-19.

“Dilakukan swab pda 90 karyawan PN Malang, hasilnya ada 20 orang itu yang terkonfirmasi positif. Pimpinan kami sudah berkoordinasi dengan satgas Covid-19 Kota Malang, saat ini pegawai yang terpapar ditempatkan di safe house di Jalan Kawi Kota Malang,”tambahnya.

Keputusan penutupan layanan di PN Malang, kata dia dilakukan setelah Ketua PN Malang berkoordinasi dengan Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya. Seluruh layanan berkaitan dengan persidangan ditunda serta dikembalikan majelis hakim masing-masing.

“Seluruh layanan yang berkaitan dengan persidangan kita tunda semua dan itu dikembalikan lagi kepada majelis masing-masing. Sedangkan untuk pelayanan yang tak bisa ditinggalkan, misalnya untuk perpanjang penahanan, banding, kasasi, peninjauan kembali, masih tetap dilaksanakan,” tandasnya. [mut]

Tags: