2014, Pengangguran di Bojonegoro Capai 20 Ribu Orang

2014, Pengangguran di Bojonegoro Capai 20 Ribu OrangBojonegoro, Bhirawa
Meski penyerapan tenaga kerja melalui Job Fair mencapai 650 penganguran yang ada Di Bojonegoro, Namun banyaknya jumlah kelulusan tahun ini dan banyaknya pengurangan pekerja di beberapa perusahaan yang melakkan Sub di perusahaan Bidang Minyak dan gas Bumi (Migas) tidak membuat angka pengangguran berkurang.
Itu terbukti sebanyak 20.965 orang berusia produktif kini masih pengangguran yang di catat oleh Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Bojonegoro. Dalam peningkatan untuk bulan ini masih tergolong tinggi, sebab dibanding dengan bulan Juni tingkat penganguran hanya 19.932 orang, melihat hal tersebut Disnakertransos harus memutar otak dan bekerja keras untuk mengurangi pengangguran Di Bojonegoro, sebab untuk hal itu adalah tugas dari instansi tersebut.
Kepala Bidang Pengembangan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertransos Bojonegoro, Joko Santoso  mengungkapkan bahwa peningkatan tersebut, disebabkan banyaknya jumlah siswa yang lulus dan kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). “Tingkat kelulusan yang tinggi dan banyaknya karyawan yang kena PKH adalah sebab kenaikan tingkat pengangguran di Bojonegoro,” ujar Joko ketika dihubungi Bhirawa Minggu (3/8) kemarin.
Tak hanya itu,  tingginya angka pengangguran juga dikarenakan jumlah lowongan kerja tak berbanding dengan jumlah pencari kerja. Selain itu permasalah pengangguran ini sangatlah kompleks, serta ada sejumlah faktor penyebabnya yakni salah satunya, lowongan kerjanya minim. “Sedangkan, jumlah pencari kerja membludak. Selain itu, faktor lainnya yaitu soal pendidikan maupun Sumber Daya Manusia (SDM) yang kurang. Dimana skill tidak mempuni,” jelasnya. [bas]

Tags: