2015, Bupati Tuban Genjot Pertumbuhan Ekonomi

12-Musrenbang-2015-2Tuban, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menargetkan tahun 2015 mendatang akan meningkatkan pertumbuhan perekonomian melalui pembangunan sarana prasarana pendukung perekonomian diantaranya akselerasi pertumbuhan produk domestik regional bruto (PDRB), pertumbuhan indek pembangunan manusia (IPM), pengurangan angka kemiskinan dan pengurangan tingkat pengangguran di Bumi Wali Tuban.
Rencana dan target ini disampikan oleh Bupati Tuban, H. Fathul Huda dalam Musyawarah Perencanaan Pemabangunan (Musrenbang) 2014 dalam rangka menyusun rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Tahun 2015 yang digelar di Pendopo Krido Manunggal Kemarin (11/03).
“Prestasi Tahun 2013 perlu disyukuri bersama, beberapa capai diantaranya, meningkatnya pertumbuhan ekonomi¬† menjadi 7,13 Persen, pertumbuhan PDRD menjadi 27,48 Trilyun, pertumbuhan IPM dari angka 68,71 menjadi 69,51, dan menurunnya angka kemiskinan dari 20,18 Persen menjadi 18,00 Persen, serta menurunnya tingkat pengangguran terbuka dari angka 5,58 menjadi 4,33,” Kata Fathul.
Ia juga meminta dari pencapaian tahun 2013 tersebut bisa dipakai sebagai acuan arah pembangunan tahun 2015 serta dapat ditindaklanjuti dengan pengembangan program dan kegiatan yang lebih terukur, terperinci, dengan memperhatikan kemampuan anggaran yang mengacu pada target yang telah ditentukan.
“Output yang maksimal dari suatu rencana, itu hasilnya dapat dipertanggungjawabkan dan dirasakan oleh masyarakat. Konsep dasar pembangunan yang benar-benar mengarah pada peningkatan kesejahteraan masyarakay di kabupaten Tuban, itu yang kami harapkan” Tambah mantan Ketua PC NU Kabupaten Tuban dihadapan para pimpinan SKPD, Ormas, Orpol dan para pimpinan perusahan dan Forpimda.
Sedangkan dalam RKPD yang dilaksanakan saat ini adalah tahun ketiga dari pelaksanaan RPJMD tahun 2011-2016, yang merupakan penjabaran dari visi dan misi kepala daerah diantaranya mewujudkan Masyarakat Kabupaten Tuban yang lebih maju, religius, sejahtera dan bermartabat dalam tata pemerintahan yang kreatif dan bersih.
“Filosofi dasar dari Musrenbang adalah membangun komunikasi dan keterlibatan masyarakat dalam setiap pembangunan serta bagian dari strategi pemberdayaan masyarakat, Semakin tinggi tingkat partisipasi masyarakat dalam pembangunan, maka semakin tinggi pula tingkat keberhasilan¬† yang akan dicapai,” Kata Sekretaris Kabupaten Tuban, Drs. Heri Sisworo, MH
Ditempat yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Tuban, Kristiawan, SP, MM juga mendukung penuh dengan pelaksanaan Musrenbang sebagai langkah baik mewujudkan penyusunan RKPD 2015 yang sesuai dengan keinginan bersama.¬† “Tahun 2015 menjadi momentum lembaran baru di DPRD Kabupaten Tuban setelah tanggal 9 april nanti terpilih wakil-wakil rakyat pada Pemilu Legislatif 2014, besar harapan bagi siapapun yang terpilih nanti tetap bisa menyuarakan aspirasi masyarakat Kabupaten Tuban, dapat bekerjasama dengan Pemkab Tuban demi mewujudkan cita-cita bersama” Kata Ketua DPRD yang juga Kader Partai Golkar ini.
Sementara itu, Kepala Bakorwil Bojonegoro, Mas Agoes Nirbito MW, SH, M.Si, mengungkapkan Kabupaten Tuban termasuk dalam cluster segi tiga emas (Tuban-Lamongan-Bojonegoro) yang secara umum diarahkan peningkatan sektor unggulan. Mulai tanaman pangan, industri pengolahan, produksi perikanan, sektor minyak bumi dan gas, pertambangan dll.
“Setiap Perkembangan yang ada tentunya ada multilpier efect bagi wilayah Jawa timur sehingga hubungan yang baik antara Pemerintah Propinsi dan Kabupaten diharapkan terjadi keselarasan demi terwujudnya Kesejahteraan Masyarakat Jawa Timur Umumnya dan Tuban khususnya,” Kata Mas Agoes Kepala Bakorwil Bojonegoro. [hud]

Tags: