2015, Muktamar NU Digelar di Jombang

??????????????????????Jombang, Bhirawa
Kota Santri Jombang akan memiliki gawe besar tahun depan. Yakni menjadi tuan rumah Muktamar NU 2015. ”Jombang akan menjadi tuan rumah Muktamar NU tahun, sanggup? Jombang akan menjadi tuan rumah Muktamar NU tahun depan, siap?” lontar Wakil Gubernur Jatim Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) yang merupakan salah satu ketua PBNU kala menyampaikan sambutan dalam Seribu Rebana memperingati dua tahun Jalan Gus Dur dan anugerah pahlawan nasional KH A Wahab Chasbullah di Jalan Gus Sabtu Dur (15/11) malam.
Lontaran itu tentu saja langsung dijawab sanggup dan bisa oleh para jamaah. Bupati Nyono Suharli dan Wabup Mundjidah Wahab juga antusias mendengarnya. Gus Ipul menuturkan, PWNU Jatim sudah menyampaikan usulan secara resmi ke PBNU agar Muktamar NU tahun depan tuan rumahnya adalah Jawa Timur. Oleh Jawa Timur, lokasinya akan ditaruh Jombang.
Sebagai wakil gubernur maupun sebagai salah satu ketua PBNU Gus Ipul mengaku sangat mendukung hal tersebut. ”Sudah saatnya NU kita kembalikan ke Jombang. Sebab di Jombang inilah banyak berasal dan dimakamkannya para pendiri NU,” tuturnya. Yakni KH Hasyim Asy’ari di Tebuireng, KH Bisri Syansuri di Denanyar dan KH Wahab Chasbullah di Tambakberas.
Gus Ipul berharap, nantinya warga Jombang menjadi tuan rumah yang baik bagi para peserta muktamar. ”Karena nanti ada lima ribu peserta Muktamar yang tinggal disini tujuh hari tujuh malam. Semua pejabat mulai presiden, menteri dan para kepala daerah juga pasti akan datang kesini. Jadi sejak sekarang sudah harus dipersiapkan,” tuturnya.
Gus Ipul menambahkan, empat pondok besar di Jombang yakni Pesantren Tebuireng, Mambaul Maarif Denanyar, Bahrul Ulum Tambakberas dan Darul Ulum Rejoso sudah meneken pernyataan siap mendukung dan turut menjadi tuan rumah Muktamar NU. Karena rencananya, banyak agenda Muktamar yang digelar di empat pesantren tersebut. ”Semua peserta Muktamar nanti juga akan kita ajak mendatangi makam-makam pendiri NU yang ada di Jombang. Jadi ini juga menjadi promosi bagi wisata religi yang ada di Jombang,” tuturnya.
Bupati Nyono Suharli mengaku mendukung penuh hal itu. ”Menjadi tuan rumah kegiatan nasional seperti Muktamar NU saya kira sangat banyak manfaatnya. Itu menjadi sarana promosi potensi wisata khususnya wisata religi yang ada di Jombang kepada semua peserta yang datang dari seluruh penjuru nusantara. Produk-produk unggulan Jombang juga akan kita promosikan kepada mereka,” paparnya.
Selain itu, ribuan peserta maupun pengunjung yang datang juga dipastikan bakal meningkatkan perputaran uang sehingga mendongkrak perekonomian hingga bisa memacu kesejahteraan masyarakat. ”Kita siap dan mendukung penuh Jombang jadi tuan rumah Muktamar NU. Kita bahkan sudah menyiapkan dukungan anggarannya,” tutur Bupati Nyono dan Wabup Mudjidah Wahab. Rencananya, Muktamar tersebut digelar pada Juni 2015 saat musim liburan sekolah. [rur]

Keterangan Foto : Wabup Munjidah Wahab, Gus Ipul, Habib Ubaidillah Al-Habsyi, Bupati Nyono, Ust Nur Hadi dalam acara Jombang Bersholawat. [ramadlan/bhirawa]

Rate this article!
Tags: