2016, Gedung DPRD Kota Batu Direnovasi

Punjul Santoso.

Punjul Santoso.

Kota Batu, Bhirawa
Setelah sempat dibatalkan, Pemerintah Kota Batu kembali akan merealisasikan renovasi gedung DPRD Kota Batu di tahun ini. Keputusan ini diambil karena kondisi gedung Wakil Rakyat ini memang sudah rawan dan membahayakan sehingga pelaksanaan renovasinya dijadikan prioritas.
“Minggu kemarin memang evaluasi kinerja sehingga diputuskan pembangunannya dibatalkan. Nah sekarang evaluasi lagi, ternyata perencanannya telah siap sehingga dilanjutkan lagi,” ujar Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso, Selasa (28/6).
Diketahui, renovasi gedung DPRD dilakukan karena ada beberapa bagian di gedung tersebut yang kondisinya miring. Selain itu beberapa tembok juga mengalami keretakan hingga membuat Gedung Wakil Rakyat itu rawan roboh. Selain Gedung Dewan, pembangunan Taman Block Office (BO) yang sempat gagal juga bakal direalisasikan tahun ini. Pemkot memastikan pembangunan Taman Block Office karena keberadaannya nanti yang diperuntukkan masyarakat.
Adapun dana yang dianggarkan masih sama, sebesar Rp 10 miliar yang diambilkan dari APBD 2016.
Sebelumnya, diberitakan pembangunan dua proyek diatas sempat digagalkan karena ketidak siapan dari pihak dinas terkait. Saat itu dana pembangunan akan dialihkan ke Dinas PU untuk memperbaiki dan meningkatkan jalan pedesaan sehingga bisa dirasakan masyarakat.
Dalam perkembangannya, kata Punjul, Dinas Cipta Raya dan Tata Ruang akhirnya sudah memberikan laporan progres rencana pembangunan. Selain renovasi gedung Dewan dan Pembangunan Taman Block Office, ada juga renovasi Terminal Besar Batu tahap tiga yang juga akan dilanjutkan tahun ini. Demikian juga dengan pembangunan kolam renang untuk atlet bakal direalisasikan.
”Sekarang sudah mulai lelang perencanannya. Seperti terminal itu pengawasannya sudah dilelang, dan fisiknya akan dibangun minggu depan,” jelas Punjul.
Disinggung mengenai alasan berubahnya rencana pembangunan itu, Punjul menegaskan bukan karena kritikan maupun plin-plan. Namun lebih karena kesiapan dinas yang terus dilakukan evaluasi sehingga sisa anggaran tidak terlalu banyak. [nas]

Tags: