2016, Kota Mojokerto Miliki Kecamatan Baru

Kepala Bappeko Mojokerto, Harlistyati

Kepala Bappeko Mojokerto, Harlistyati

Kota Mojokerto, Bhirawa
Pemerintah Kota Mojokerto bakal memiliki satu Kecamatan baru yang diprediksi efektif pada tahun 2016 mendatang. Dampak dari pemecahan  dua kecamatan menjadi tiga Kecamatan ini secara otomatis berpengaruh pada jumlah Kelurahan. Dari semula Dua Kecamatan berjumlah 18 kelurahan, sekarang masing-masing Kecamatan dihuni 6 kelurahan.
Saat ini berkas pemecahan wilayah ini sudah dikirim Gubernur Jatim untuk diajukan ke  Mendagri, Dijadwalkan  tahun depan Kota onde-onde memiliki tambahan satu kecamatan yakni Kecamatan Kranggan.
“Sekarang dalam tahapan menunggu proses rekom dari Kemendagri. Insya Allah bisa selesai tiga bulanan, sekitar Maret-April tahun depan,” papar Kepala Bappeko Mojokerto, Harlistyati, Minggu (6/12) kemarin.
Menurutnya, jika disetujui  Mendagri maka kota ini akan mendapat tambahan satu kecamatan baru, yakni Kecamatan Kranggan. Kecamatan ini, katanya, merupakan pembagian dua kelurahan dari Kecamatan Magersari dan empat kelurahan dari Kecamatan Prajurit Kulon. “Dengan pembagian itu, maka setiap kecamatan akan terdiri dari 6 kelurahan,” jelasnya.
Mantan Kadispenda  ini optimis  program ini bakal disetujui Mendagri. Bahkan pemkot telah menyiapkan  eks kantor Dinas Pendidikan sebagai kantor sementara Kecamatan Kranggan.
“Eks Dinas P dan K jalan PB Sudirman menjadi alternatif kantor kecamatan baru. Tapi itu untuk sementara, kita akan membangun kantor permanen di Jalan R Wijaya, aset pemkot seluas 2.5 hektar. Belum ada jalannya tahun 2016 akan dibuat,”  tambah  Harlis lagi.
Ia berharap, jika kecamatan Kranggan nantinya akan menjadi kado HUT Kota Mojokerto 20 Juni 2016. Operasional kantor itu akan menandai HUT kota Mojokerto.
Dari data yang disampaikan Bappeko, kecamatan Kranggan akan membawahi kelurahan  kelurahan Kranggan, Miji, Meri, Sentanan, Purwotengah, dan kelurahan Jagalan.
Dimintai komentarnya soal kantor kecamatan baru ini, ketua Komisi I DPRD Kota Mojokerto, Suliyat berharap kantor ini akan mempermudah pelayanan masyarakat. “Dengan adanya tambahan kantor kecamatan kan akan mempermudah akses pelayanan ke masyarakat. Warga tidak perlu jauh-jauh jika ingin mendapatkan sesuatu yang berkaitan dengan pemerintahan,” pungkasnya. [kar]

Tags: