2017, 300 Perizinan Segera Online di Surabaya

Surabaya, Bhirawa
Sebanyak 300 perizinan yang ada di Surabaya ditargetkan segera online pada triwulan pertama 2017 ini. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Surabaya, Eko Agus Supiadi, Rabu (18/1) kemarin.
“Targetnya triwulan pertama. Betul, nanti ada 300-an perizinan yang akan online dari 12 SKPD,” ujarnya Eko Agus.
Eko Agus mengatakan, masing-masing dinas memang memiliki beragam perizinan. Misalnya, Dinas Kesehatan, setidaknya ada sekitar 20 izin yang ditangani oleh dinas tersebut. Seluruh perizinan yang ada itu, kata Eko, akan terintegrasi di Surabaya Single Windows (SSW) untuk mendukung penerapan sistem Pelayanan Terpadu Satu Atap (PTSP) di Gedung Eks Siola.
“Jadi dengan online ini, pemohon tidak perlu bertatap muka dengan petugas juga mengurangi cost. Tinggal by phone, atau email, ini bagi yang sudah melek IT, ya,” katanya.
Sementara bagi pemohon izin yang belum familiar dengan Teknologi Informasi Pemkot saat ini menyiapkan PTSP di Gedung eks Siola. Eko mengatakan, saat ini sedang ada sedikit renovasi di kantornya di lantai tiga. “Mejanya jadi panjang,” ujarnya lalu tertawa.
Secara bertahap, Pemkot Surabaya bermaksud memfokuskan semua perizinan yang selama ini dilayani oleh dinas ke PTSP. Sehingga di waktu yang akan datang, pemohon tidak perlu lagi datang ke kantor dinas, cukup ke PTSP.
“Saat ini yang sudah dilayani di PTSP ada 12 dinas, nanti ke depan ditambah tujuh lagi, jadi 19 dinas. Kalau kantornya, InsyaAllah siap bulan ini,” ujarnya. (geh)

Tags: