2017, Kota Batu Kekurangan Guru SD

Guru SDKota Batu, Bhirawa
Krisis guru mulai melanda Kota Batu, khususnya guru SD. Hal ini karena hampir 100 guru akan memasuki masa pensiun dalam 2 tahun ini.
“Tahun ini yang pensiun lebih dari 30 guru, khususnya guru-guru SD. Tahun depan lebih banyak lagi,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dindikpora) Dra Mistin MPd di sela-sela Gebyar HAN, Kamis (19/5).
Lebih lanjut dikatakan, guru-guru yang pensiun secara bersamaan ini adalah guru-guru yang diangkat saat program Inpres tahun 1974/75 lalu.
“Pensiunnya memang hampir bersamaan karena saat itu pengangkatannya juga bersamaan seiring dengan program SD Inpres,” terang Mistin. Selain karena pensiun, sejumlah guru kelas tersebut harus mendapat tugas sebagai Kepala Sekolah. “Kita memang sedang menghadapi krisis guru SD, khususnya guru Olah Raga,” tegasnya.
Mistin berharap ada rekruitmen CPNS Guru untuk tahun 2017 mendatang agar kekurangan guru tersebut tercukupi. “Untuk menutupi kekurangan, memang mau tidak mau harus merekrut guru honorer terlebih dahulu. Karena tidak mungkin guru yang ada harus merangkap,” tuturnya. Selain kekurangan guru SD, Dindikpora juga membutuhkan personel guru SMA.
“Tahun ini kita membangun satu gedung sekolah baru SMAN 3. Sehingga untuk kebutuhan tenaga pendidiknya juga harus dipersiapkan,” tandas Mistin.  [sup]

Rate this article!
Tags: