2017, Optimistis Tingkatkan Market Share

Management Sharp saat Press Conference terkait dengan Business Strategy.

Surabaya, Bhirawa
Kondisi elektronik Indonesia tahun 2016 mengalami penurunan sebesar 2,7% dibandingkan tahun sebelumnya. Namun hasil penjualan Sharp sepanjang tahun 2016 mengalami peningkatan dibanding tahun 2015 dan menunjukan adanya pertumbuhan market share menjadi 19,6 persen untuk seluruh total kategori.
Bahkan di tahun 2016 pun dilewati oleh Sharp dengan mendulang beragam prestasi, yakni di awali pada bulan April 2016, Sharp berhasil memproduksi 15 Juta unit lemari es, lalu di bulan Oktober 2016 Sharp berhasil mencapai angka 20 Juta unit TV, dilanjutkan dengan pencapaian 5 Juta unit mesin cuci pada bulan Desember 2016.
“Kami tidak bisa mencapai semua ini  tanpa dukungan dari pelanggan setia kami di  seluruh Indonesia dan semua media yang mendukung,  untuk itu dalam kesempatan ini ijinkan saya mengucapkan terima kasih kepada Anda semua,” ungkap President Director PT SHARP Electronics Indonesia, Fumihiro Irie, Kamis (27/1) kemarin.
Fumihiro memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan naik di kisaran 5,1%-5,3%. Sehingga hal ini menjadi landasan bagi Sharp untuk membuat strategi pemasaran guna meningkatkan hasil penjualan dan market share.
“Salah satunya adalah dengan menggarap lebih serius pasar perdagangan elektronik (e-commerce),” ujarnya.
Sementara menurut National Sales Senior General Manager PT SHARP Electronics Indonesia, Andry Adi Utomo mengatakan saat ini Sharp telah menjalin beberapa kerjasama dengan beberapa toko online di Indonesia.
“Selama tahun 2016, penjualan melalui kanal ini memberikan kontribusi sebesar 1-2%, menurut data yang kami dapat dari idea, Asosiasi E-commerce Indonesia, pertumbuhan perdagangan elektronik di Indonesia di tahun 2017 akan tumbuh sebesar 122%,” terangnya.
Selain itu pula produk LED TV, Sharp juga menargetkan penjualan sebesar 165% dibanding tahun lalu dengan target sebesar 1,5 juta unit LED TV selama 1 tahun. “Kami optimis mampu mencapai target karena di tahun 2017 Sharp sudah memiliki tambahan line-up produk hingga mampu menaikan pangsa pasar,” katanya. [riq]

Tags: