2020, Ada Peningkatan Tren Penangganan Kasus di Kejari Trenggalek

Trenggalek, Bhirawa
Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Trenggalek resmi menyampaikan capaian kinerjanya selama kurun waktu 2020. Capaian tersebut meliputi berbagai bidang yang ada di Kejari Trenggalek, digelar di Gedung Kantor Kejari Kabupaten Trenggalek. Senin sore (11/1).

Dalam konferensi pers yang digelar tersebut, dihadiri oleh para awak media cetak maupun elektronik. Dalam penyampaiannya Kepala Kejari Trenggalek Darfiah mengungkapkan bahwa kinerja kejaksaan selama tahun 2020 terdapat peningkatan tren penanganan kasus dibandingkan tahun 2019.

“Dibandingkan dengan tahun lalu memang tren penanganan kasus mengenai penanganan perkara semakin banyak,” kata dia.

Selain itu ia juga menyebutkan mengenai peningkatan setoran ke negara di tahun 2020.

“Uang yang kami setorkan ke negara juga semakin banyak. Selain itu kami juga telah melakukan lelang sebanyak 1 kali dan uangnya sudah kami setorkan ke negara,” ungkapnya.

Lanjut ia menjabarkan, sepanjang tahun ini, kinerja kejaksaan di bidang Pidana Khusus (Pidsus) telah melaksanakan penyelidikan sebanyak 3 perkara, penyelidikan 3 perkara, Penuntutan 3 perkara, upaya hukum 2 perkara dan eksekusi 5 perkara.

Sedangkan untuk Bidang Pidana Umum (Piddum) di tahun 2020 dimana Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) ada sebanyak 200 perkara, pada tahap pertama 195 perkara dilakukan P21, tahap kedua 192 pelimpahan, dan yang disidangkan 192, Putusan 176 dan yang telah dieksekusi sebanyak 172 perkara.

Di bidang intelijen Kejari Trenggalek telah melaksanakan penerangan hukum/penyuluhan hukum (penkum/luhkum) sebanyak 1 kegiatan, jaksa masuk sekolah sebanyak 2 kegiatan dan rakor sebanyak 1 kegiatan.

Sementara itu mengenai Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) kejaksaan telah melaksanakan MoU sebanyak 17 kegiatan dan ada Surat Kuasa Khusus (SKK) sebanyak 42 kegiatan.

“Dan kami telah menyetorkan ke negara yang disebut Peneriman Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar 1.640.034.780,”pungkasnya.(wek).

Tags: