2020, Pusat Alirkan 7.004 Jargas Rumah Tangga di Kota Pasuruan

Salah satu meteran warga Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan sudah menggunakan jargas bantuan dari pusat tahun 2018 lalu, Kamis (14/11).

Pasuruan, Bhirawa
Pemerintah pusat akan memasang kembali jaringan gas (jargas) untuk 7.004 saluran rumah tangga di Kota Pasuruan. Rencana pemasangan dan pemanfaatan jargas tersebut akan dilaksanakan pada tahun 2020.
Strategic Stakeholder Management PT PGN, Hamalsyahan menyampaikan besaran angka pemasangan jargas di Kota Pasuruan sebanyak 7.004 jaringan itu merupakan hasil survey yang sudah disetujui oleh pemerintah pusat.
“Pemasangan hingga pemanfaatan jargas di Kota Pasuruan dilaksanakan di tahun 2020. Saat ini tahap sosialisasi. Kami dari PGN hanya bertugas sebagai pelaksana dari program,” ujar Hamalsyahan, Kamis (14/11).
Terinci, dari total 7.004 calon pelanggan jargas berada di Kecamatan Bugul Kidul sebanyak 2.496, di Kecamatan Purworejo sebanyak 3.052 dan sisanya sebanyak 1.456 berada di Kecamatan Panggungrejo.
Plt Wali Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo ST menyampaikan pembangunan jargas merupakan bagian dalam RPJMD 2015-2019. Karena dapat memenuhi kebutuhan energi yang bersih, murah, ramah lingkungan dan efisien.
“Program jargas ini memberikan manfaat besar bagi masyarakat. Yakni penghematan biaya bahan bakar, membantu ekonomi masyarakat menuju ekonomi yang ramah lingkungan,” tandas Raharto Teno Prasetyo.
Iapun juga mengharapkan agar masyarakat jangan mudah terprovokasi. “Percontohannya dulu sudah terpasang di pondok pesantren dan sudah berjalan secara baik,” urai Raharto Teno Prasetyo.
Sebelumnya, di tahun 2018 telah terbangun jargas dan sambungan rumah tangga sebanyak 5.000 KK di delapan Kelurahan di Kota Pasuruan. [hil]

Tags: