2020, Sumenep Bakal Gelar Pilkades Serentak di 86 Desa

Sumenep, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten Sumenep akan mengelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak pada tahun 2020 di 86 desa yang tersebar di wilayah daratan dan kepulauan.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Moh. Ramli mengatakan, sejak dua tahun terakhir ini Pemerintah daerah telah menggelar Pilkades serentak secara bertahap yang nantinya akan dilaksanakan secara serentak 100 persen di 330 desa.
Untuk tahun ini ada 86 desa yang akan melaksanakan Pilkades secara serentak. “Pilkades serentak tahun ini, akan diagendakan pada bulan November. Secara formal belum ditetapkan oleh Bupati, tapi kami sudah mempersiapkan konsepnya,” kata Moh. Ramli, Selasa (18/2).
Menurut Ramli, Pilkades serentak tahun 2020 yang akan dilaksanakan di 86 desa itu, secara teknis sudah dilakukan melalui rapat koordinasi dengan para pihak terkait, termasuk dengan pihak keamanan.
Ia juga mengaku telah melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Pilkades serentak yang dilaksanakan tahun sebelumnya guna memperbaiki pelaksanaan Pilkades serentak tahun ini. “Kami sudah rakor terkait pengamanannya. Jadi, untuk pelaksanaan yang tahun ini kami optimis akan lebih maksimal dibanding tahun-tahun sebelumnya” paparnya.
Secara teknis, lanjutnya, Pilkades tahun ini tidak ada perubahan dari tahun-tahun sebelumnya. Termasuk biaya pelaksanaan pemungutan suara tetap akan dibiayai APBD. Artinya, panitia pelaksana Pilkades tidak perlu mengambil uang pendaftaran bagi calon kepala desa.
Biaya pelaksanaan Pilkades juga sudah diangggarkan. Pilkades serentak tahun ini akan menjadi Pilkades yang terakhir, karena baru akan digelar kembali pada tahun 2026,” tukasnya. [Sul]

Tags: