2021, Dinsos Kabupaten Bojonegoro Siapkan Bantuan 500 Kursi Roda

Kepala Dinas Sosial Bojonegoro, Arwan.

Bojonegoro,Bhirawa Guna membantu masyarakat lanjut usia (lansia) atau masyarakat Bojonegoro yang membutuhkan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro dalam hal ini Dinas Sosial (Dinsos), menganggarkan bantuan 500 kursi roda di tahun 2021.
“Tahun ini menyiapkan 500 kursi roda, namun bisa saja bertambah atau berkurang,” ungkap Kepala Dinas Sosial Bojonegoro, Arwan, kemarin (7/3).

Dirinya menyampaikan, bahwa bantuan kursi roda di tahun 2021 semakin menambah. Sebelumnya, pada tahun 2020 lalu hanya ada bantuan sebanyak 50 kursi roda. Dirasa sangat kurang sehingga untuk tahun 2021 ia menganggarkan 500 bantuan kursi roda untuk masyarakat yang membutuhkan.

Karena berdasarkan data sementara tahun 2020 sebenarnya ada sekitar 5.300 orang yang membutuhkan, namun pemberian bantuan tidak bisa diberikan sekaligus.

” Pemberian bantuan itu diberikan secara bertahap dan sesuai kuota,” katanya.

Arwan juga mengatakan, untuk tahun 2021 sendiri akan melakukan update data penerima bantuan di bulan Juni mendatang.

” Karena data ini sifatnya dinamis, kadang ada yang sudah sembuh dan ada yang sudah meninggal dunia, jadi akan tetap dilakukan update data lagi di bulan juni mendatang,” jelasnya.

Menurut dia, pemberian bantuan kursi roda ini sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah kepada warga lansia serta tidak mampu.

“Bantuan kursi roda tersebut akan diberikan kepada warga yang mengajukan usulan ke Dinsos dan bantuan ini diberikan secara cuma cuma,” terangnya.

Untuk prosedur pengajuan bantuan masyarakat dapat menyiapkan berkas pengajuan berupa menyampaikan kondisi calon penerima yang dilampiri foto orang yang sakit, fotocopy KTP dan Kartu Keluarga (KK).

” Selanjutnya, berkas tersebut diserahkan kepada Pemerintah desa (Pemdes) setempat, kemudian pihak desa menyerahkan kepada Bupati Bojonegoro melaui Dinsos Bojonegoro,” Arwan menegaskan.

Ditambahkan, setelah pendataan, kursi roda akan diberikan oleh pihak Dinsos langsung kepada masyarakat penerima. Pihaknya berharap dengan diberikannya bantuan ini selain meringankan beban pihak keluarga juga bisa meningkatkan aktivitas penerimanya lebih aktif lagi. [bas]

Tags: