2021, Diprediksi Penyeduh Kopi Indonesia Tumbuh Rata-rata 8,22 Persen

Nyeduh kopi dengan air mineral lebih nikmat.

Surabaya, Bhirawa
Kopi telah menjadi bagian yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Selain untuk membangkitkan semangat di pagi hari, minum kopi juga kerap menjadi perekat kebersamaan dan mengisi waktu bersantai.

Dewan Kopi Internasional menyebutkan konsumsi kopi Indonesia per kapita pada periode Oktober 2019-September 2020 mencapai 288 juta kilogram. “Angka ini diprediksi tumbuh rata-rata 8,22% di tahun 2021,” ujar Muhammad Aga, award winning Barista dan pemilik toko kopi SMITH.

Tidak hanya sebagai penikmat kopi, kata Aga, Indonesia juga memproduksi berbagai varietas biji otentik dengan karakter dan aroma yang beragam. Ragam biji kopi ini seringkali dijadikan acuan kualitas dan rasa pada minuman tersebut.

“Padahal, ada hal lain yang tidak kalah pentingnya. Tanpa disadari, satu cangkir kopi terdiri dari 95% air dan 5% kopi. Artinya, air yang digunakan untuk menyeduh kopi juga berperan penting dalam membentuk karakter rasanya,” kata Aga.

Saat menyeduh kopi, kata dia, senyawa yang berada di dalam air akan mengikat komponen-komponen dalam kopi sehingga menciptakan cita rasa minuman yang lebih kaya dan beraroma. Maka dari itu, penting untuk menggunakan air dengan kandungan mineral yang dapat mengikat dan mengekstraksi kopi dengan lebih baik.[ma]

Tags: