2021, Pemkab Bojonegoro Segera Bangun Pasar Hewan di Kecamatan Balen

Salah satu pasar hewan di Bojonegoro.

Bojonegoro, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro, akan membangun pasar hewan di Desa Kedungbondo Kecamatan Balen di tahun 2021 ini.Rencananya, pembangunan pasar tersebut dimulai pada Bulan Maret mendatang. Pembangunan pasar hewan di Desa Kedungbondo nantinya berdiri dilahan milik Pemkab Bojonegoro dengan luas 1,3 hektar. Serta, mampu menampung sampai 700 ekor sapi dan juga kambing.

“Karena di pasar hewan dalam kota sudah tidak memungkinkan, kumuh dan dekat penduduk, sehingga untuk pengembangan tata kota, nantinya diletakkan di tanah milik Pemkab Bojonegoro di Desa Kedungbondo Kecamatan Balen,” kata Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Bojonegoro, Sukaemi, kemarin (11/1).

Sukaemi juga menjelaskan, bahwa Pasar Hewan Bojonegoro yang baru ini akan dibangun dengan konsep tebuka, seperti pasar hewan sebelumnya. Sedangkan untuk pengelolaan limbah atau kotoran hewan, akan dibuat saluran pembuangan kotoran yang langsung masuk ke Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

“Kita modifikasi karena hewan yang ada itu kan mengeluarkan kotoran, sehingga tidak perlu ada atap, terus di sela-sela harus ada pohon sebagai penetralisir dari kotoran itu. Nanti juga kita buatkan saluran pembuangan kotoran sapi yang langsung masuk ke IPAL,” jelasnya.[bas]

Tags: