2021, Pemkab Sidoarjo Akan Membangun Gedung Baru Delapan Lantai

Gedung Kantor Pemkab Sidoarjo , sisi sebelah barat akan dibangun sampai 8 lantai pada tahun 2021 ini. [alikus/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Tahun baru, Pemkab Sidoarjo pada tahun 2021 ini akan memulai proses fisik pembangunan gedung baru sebanyak 8 lantai. Direncanakan, pembangunan ini akan memakan waktu selama dua tahun.

Dikatakan oleh Sekretaris Daerah Kab Sidoarjo, Drs Ahmad Zaini MSi, pembangunan gedung 8 lantai ini esensinya untuk memberi kemudahan masyarakat datang ke satu lokasi tempat pelayanan di Kab Sidoarjo.

Di gedung 8 lantai itu nantinya, selain ruangan untuk 6 Bagian yang ada di Sekretariat Daerah, juga ada ruangan-ruangan untuk keperluan rapat dan pertemuan. Dari yang skala besar, sedang dan kecil.

“Nanti rencananya, OPD yang bersifat pelayanan langsung, juga ada disini, mal pelayanan publik (MPP) yang ada di lingkar timur juga kita pindah kesini,” jelasnya, Kamis (7/1) kemarin.

Khusus untuk keperluan MPP, menurut Zaini, akan menempati 2 lantai. Sedangkan untuk parkir kendaraan, akan menempati 4 lantai yang berada di gedung bagian belakang. Untuk keperluan lantai parkir ini, akan memanfaatkan eks gedung SMPN 2 Sidoarjo.

Untuk pembangunan gedung 8 lantai ini, sejumlah gedung OPD yang berada di sekitar Kantor Pemkab Sidoarjo, yakni Dinas PUBM dan SDA, BPBD dan Bappeda Sidoarjo juga akan kena gusur.

Proses fisik berupa pembongkaran gedung, kata Zaini, paling lambat Bulan Maret 2021, pembongkaran gedung sisi barat sudah harus dilakukan. Karena itu, ruangan kerja dan berkas-berkasnya pada Bulan Januari sampai Pebruari, harus mulai ada proses pemindahan.

Kecuali bangunan gedung Pemkab yang berada sebelah timur, akan tetap dipertahankan tidak sampai dibongkar. Menurut Zaini, karena akan dipakai untuk mendukung aktivitas kerja ASN yang nantinya menempati bangunan gedung baru tersebut.

Gedung bagian timur itu misalnya kawasan ruangan di Bagian Umum, Bagian Kesra, Bagian Rumah Tangga Protokol, ruangan para Asisten, ruang kerja Bupati, Wabup, Sekda dan staf ahli Bupati.

Ruangan-ruangan itu misalnya bisa dimanfaatkan untuk heritage atau kawasan peninggalan yang bisa dikunjungi masyarakat umum atau juga dipakai untuk kegiatan-kegiatan yang bisa mendukung aktivitas ASN yang berada di gedung baru itu nantinya.

Misalnya saja ada tempat kuliner, juga bisa dimanfaatkan untuk kantor sekretariat PKK dan Dharma Wanita. Karena kantor 2 lembaga milik Pemerintah itu juga akan direhab. Guest house atau rumah tamu yang ada di jalan A.Yani Sidoarjo, nantinya akan dipindah kesana.

“Rumah tamu dipindah ke dekat pendopo, karena kita harus menghormati tamu Pemkab, yang karena dinas berada di Sidoarjo,” ujarnya.

Zaini mengutarakan untuk keperluan membangunan gedung Pemkab Sidoarjo 8 lantai tersebut anggarannya tidak sampai mencapai angka Rp 1 triliun. Untuk kegiatan ini ditangani oleh Dinas Perkim Cipta Karya dan PUPR Kab Sidoarjo. (kus)

Tags: