2021, Terdapat 15.632 Data Penerima BST Dinonaktifkan di Trenggalek

Suparlan

Trenggalek,Bhirawa
Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) diperpanjang hingga bulan April 2021. Namun besarannya tidak sama seperti tahun 2020.

Kepala Dinas Sosial Dan Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan anak (Dinsos P3A) Kabupaten Trenggalek Ratna Sulistyowati Melalui Kepala bidang pemberdayaan dan kelembagaan sosial Suparlan mengatakan sesuai dengan pidato Menteri Sosial Bu Risma bahwa, Bantuan Sosial Tunai (BST) akan diperpanjang sampai dengan bulan April.

“Seperti yang disampaikan pada pidato Bu risma, untuk BST diperpanjang empat bulan yaitu bulan Januari sampai dengan bulan April. Besarannya tidak lagi Rp 600.000 melainkan Rp 300.000,” ungkapnya.

“Sedangkan untuk Bantuan Sosial Pangan (BSP) dan Program Keluarga Harapan (PKH) sudah tersedia sampai dengan 1 tahun,” imbuhnya.

Disinggung adanya tambahan jumlah penerima BSP di Kabupaten Trenggalek tahun 2021, ia menegaskan, bahawa ada pengurangan sebanyak 15.632, dengan berbagi alasan.

“Untuk yang BSP ada pengurangan sekitar 15.632 sedangkan untuk penerima BST juga ada pengurangan, namun kita belum mengetahui data fik nya, karena kita belum mendapatkan dari kantor pos, nanti akan segera kita konfirasi itu,” ungkapnya.

Yang jelas untuk bulan Januari sudah disalurkan, untuk data jumlah penerima Bantuan akan dikomunikasikan dengan pihak kantor pos, karena Dinas Sosial mempunyai tanggung jawab untuk mendeteksi bantuan tersebut, kemudian melaporkan itu.

Lebih lanjut Pria Ramah Tersebut membeberkan alasan pengurangan penerima BSP, karena data ganda dalam 1 keluarga, ganda identik, ganda tidak identik, KKS tidak terdistribusi, non aktif finalisasi DTKS, feedback BPJS, feedback BST, feedback Dukcapil, PKH graduasi, dan tidak melakukan transaksi.

“Data adminduk yang kurang valid misalkan dari ejakan nama tulisan nama, kemudian dari NIK berbeda, tidak melakukan transaksi pun ketika penerima manfaat itu tidak mengambil dalam waktu beberapa bulan itu akan dihapus,”pungkasnya.(wek).

Tags: