2024, IPM Bojonegoro Diprediksi Capai Angka 72,08

Capaian angka IPM di Bojonegoro.

Bojonegoro, Bhirawa.
Beasiswa pendidikan yang menjadi program Pemkab Bojonegoro bagi warganya dipastikan mampu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Pada 2024 mendatang, IPM Bojonegoro diprediksi mencapai angka tertinggi, yakni 72,08 bahkan lebih.

Peningkatan IPM Bojonegoro dari tahun ke tahun ini buah dari gebrakan Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah yang merealisasikan beberapa program beasiswa. Mulai beasiswa 1 desa 2 sarjana, beasiswa scientist, beasiswa RPL Desa dan Beasiswa tingkat akhir.

Handoko Wijoyo, sebagai peneliti utama Unigoro (Universitas Bojonegoro) menjelaskan, Kabupaten Bojonegoro kini menyumbang 30 persen kebutuhan minyak nasional. Namun, Bojonegoro tak bisa hanya bergantung pada sumber daya alam (SDA) tersebut, dan harus mulai di konversi menjadi sumberdaya manusia (SDM), Sehingga program beasiswa pendidikan merupakan langkah tepat.

“Desainnya adalah memberi hak yang sama pada generasi mendatang menempuh pendidikan tinggi secara gratis. Melihat Instrumen peningkatan SDM yang dilakukan Bupati saat ini melalui berbagai program khusunya beasiswa, menarik untuk diamati. Bersama tim, kita mencoba memprediksi angka IPM Bojonegoro pada 2024 mendatang,” ujarnya, kemarin (6/8).[bas.ca]

Tags: