2061 Lowongan Ditawarkan di Bursa Kerja Terbuka Sidoarjo

Arif Makin SH. [alikus/bhirawa].

Sidoarjo, Bhirawa
Pencari kerja di Kab Sidoarjo maupun pencari kerja di sekitar Kab Sidoarjo, bisa memanfaatkan kegiatan Bursa Kerja Terbuka (BKT) kedua tahun 2018, yang akan digelar oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kab Sidoarjo, pada Selasa (16/10) yang akan datang.
Pelaksana tugas (Plt) Kadisnaker Kab Sidoarjo, Arif Makin SH, menyampaikan pada BKT yang akan digelar di lapangan tenis indoor GOR Sidoarjo itu, akan menawarkan sebanyak 2061 lowongan kerja.
“Ada 53 perusahaan yang ikut berpartisipasi, ada dari Sidoarjo, Surabaya, Gresik, Mojokerto, Pasuruan dan Jombang,” kata Arif Makin, Senin (8/10) kemarin.
Jenis lowongan yang ditawarkan itu diantaranya di perusahaan kayu PT Integra Kec Gedangan, di RS swasta Mitra Husada Seruni Kec Gedangan, RS Jasem Sidoarjo, RS Yapalis Krian, pabrik obat PT Berno Farm di Kec Buduran dan masih banyak lagi lainnya.
Disampaikan Arif, BKT kali ini adalah BKT yang kedua. BKT tahun 2018 yang pertama digelar pada Bulan Mei lalu.
Disampaikannya, Disnaker Sidoarjo sudah beberapa tahun ini menggelar kegiatan BKT sampai dua kali dalam setahun. Dimaksudkan, agar bisa cepat bisa mengurangi angka pengangguran di Kab Sidoarjo.
Arif memberikan data, jumlah pengangguran di Kab Sidoarjo pada tahun 2015 lalu sebesar 6.3 persen atau kurang lebih 68 ribu jiwa. Sementara pada tahun 2017 lalu, menurun menjadi 4.9 persen atau kurang lebih 50 jiwa.
“Target kita pada tahun 2018 ini, jumlah pengangguran di Sidoarjo harus terus turun,” ujarnya.
Pencari kerja yang berminat, sudah bisa memperoleh formulir BKT ini, mulai tanggal 11, 12 dan 15 Oktober di Kantor Dinas Tenaga Kerja Kab Sidoarjo, jalan raya Jati nomor 4 Sidoarjo.
Pada tahun 2018 ini, ditambahkan Arif, di Kab Sidoarjo juga akan diresmikan Balai Latihan Kerja (BLK) skala Nasional yang berada di Desa Kebaron Kec Tulangan.
Sarana pelatihan kerja yang merupakan kerja sama antara Pemerintah Pusat dan Kab Sidoarjo itu, akan diresmikan pada akhir Bulan Desember 2018 mendatang.
“BLK ini bisa dimanfaatkan untuk mengasah ketrampilan para pencari kerja baik di Sidoarjo maupun pencari kerja se Indonesia,” kata Arif. (kus]

Tags: