24 Ribu Warga Terdampak Covid-19 dapat Bantuan Sembako di Sidoarjo

M. Charda. [alikus/bhirawa].

Sidoarjo, Bhirawa
Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sidoarjo menyalurkan bantuan Sembako kepada 24.600 orang warga Sidoarjo yang kena dampak sosial wabah Covid-19.
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab Sidoarjo, Drs M. Charda MM, mengatakan penerima bantuan Sembako tersebut berasal dari berbagai jenis kalangan.
“Ada pekerja korban PHK dan pekerja yang dirumahkan perusahaannya, juga ada para sopir angkot,” kata Charda, saat dihubungi Minggu (3/5) kemarin.
Pendistribusian bantuan Sembako tersebut, kata Charda, telah dimulai pada Senin (27/4) pekan lalu. Saat itu, secara simbolis diberikan kepada sekitar 50 orang perwakilan sopir angkot semua jurusan di Kab Sidoarjo.
Penyerahan bantuan Sembako tersebut dilakukan secara langsung oleh Wabup Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifudin dan ia dampingi, di halaman pendopo delta wibawa Sidoarjo.
Paket bantuan Sembako itu berisi beras, minyak goreng, gula dan mie instan.
“Bantuan Sembako itu diluar warga pra sejahtera maupun warga yang menerima bantuan pangan non tunai atau BPNT,” katanya.
Sementara itu, data terbaru dari Disnaker Kab Sidoarjo sampai saat ini jumlah pekerja perusahaan yang di PHK ataupun dirumahkan akibat dampak Covid-19, sudah mencapai angka 11.642 orang.
Disnaker Sidoarjo, menurut Feny, sudah memberi penawaran bagi mereka, yang berminat bisa ikut mendaftarkan diri dalam seleksi kartu pra kerja program dari Kementerian Tenaga Kerja.
Lewat program ini mereka bisa mendaftar untuk pengembangan kompetensi diri. Mereka akan menerima bantuan biaya untuk peningkatan kompetensi diri lewat sejumlah pelatihan yang diminati.
Menurut Feny, pendaftaran kartu pra kerja tersebut, selama ini dilakukan secara online langsung ke Pusat. Data yang diperoleh, jumlah pendaftar dari Kab Sidoarjo mencapai 308 orang. (kus)

Tags: