269 Pedagang Pasar Kota Bojonegoro di Rapid Test, 86 Reaktif

Bojonegoro,Bhirawa.
Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Bojonegoro lakukan rapid test pada ratusan pedagang di Pasar kota Bojonegoro, Kamis (7/5) dini hari. Dari 269 pedagang yang diperiksa, hasilnya 86 orang reaktif covid -19.
Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah menyampaikan, bahwa berdasarkan data yang ia terima, pedagang pasar kota Bojonegoro yang dilakukan rapid test sebanyak 269 orang, dan jumlah tersebut belum semuanya, karena ada yang sudah meninggalkan tempat.
“Dari 269 yang dites, ada 86 yang reaktif. Itu 75 dari Bojonegoro dan 11 dari Tuban. Jadi jika kita kalkulasi ada 32 persen yang reaktif.” ungkap Bupati Anna Muawanah dalam konferensi pers dipendapa malowopati Pemkab Bojonegoro. 
Berkaitan hal tersebut Pemkab Bojonegoro akan segera mengambil langkah untuk mengantisipasi penyebaran dan penularan voirus Corona di Kabupaten Bojonegoro. 
“Maka langkah ini kita ambil cepat bagaimana bisa mengantisipasi terhadap penyebaran seminimal mungkin” kata Bupati. 
Bupati juga menyampaikan bahwa Pemkab Bojonegoro akan segera melakukan rapid test terhadap para pedagang di kecamatan sekitar Kota Bojoengoro, antara lain di Pasar Banjarejo, Pasar Dander, Pasar Kapas dan Pasar Trucuk 
“Salah satu kendala kenapa kita tidak bisa lakukan serentak karena alat ini tidak bisa sembarangan dijual di umum dan harus mendapat rekomendasi dari pemerintah pusat,”  tuturnya. 
Lanjut Bupati, rapid test ini sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, serta memutus rantai penyebaran. Pasar merupakan salah satu titik yang memiliki risiko penyebaran Covid-19. 
“Pasar merupakan klaster yang rentan penyebaran virus, maka Dinkes melakukan Rapid Test terhadap para pedagang,” jelas Bupati.
Pemkab saat ini fokus pada pasar Kota Bojonegoro, karena di pasar tersebut tempat perdagangan ekonomi dari kelas yang kecil sampai besar, dan pasar Bojonegoro Kota juga sebagai kulakan pasar-pasar kecil di Kabupaten Bojonegoro, para pedagang keliling juga semuanya rata-rata kulakannya di Pasar Bojonegoro Kota  
“Dari data yang ada kebanyakan pedagang yang kena adalah pedagang keliling.” terang Bupati. 
” Hari ini kita rapid test dan yang reaktif sangat luar biasa. Nantinya akan diisolasi dan sebagainya dan kita juga akan ada penanganan saat mereka dalam isolasi,” imbuhnya.
Bupati Bojonegoro,  mengimbau kepada para pedagang tetap mengikuti anjuran pemerintah dan protokol kesehatan, pola hidup bersih sehat, jaga jarak antara pedagang satu dengan pedagang lainnya, pedagang dengan pembeli, guna masker. 
“Selain itu juga dukungan semua elemen Masyakat Bojonegoro, melawan virus corona” pungkasnya. 
Turut hadir dalam Dalam konferensi pers tersebut Kapolres Bojonegoro, AKBP M Budi Hendrawan; Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Inf Bambang Hariyanto; Kajari Bojonegoro, Sutikno SH MH; Ketua DPRD Bojonegoro, Imam Sholikin;  Sekretaris Daerah Kabupaten Bojonegoro, Nurul Azizah, dan perwakilan 4 camat, yaitu Camat Bojoengoro Kota, Camat Dander, Camat Trucuk, dan Camat Kapas. [bas]

Tags: