Dibekali Rp100 Ribu, Pilih Ikan Sehat Konsumsi

Pemprov Jatim, Bhirawa
Sebanyak 20 peserta Duta Gemarikan melangsungkan kunjungan lapangan ke Pasar Pabean, Surabaya sebagai salah satu kriteria penilaian penjurian menuju Grand Final Duta Gemarikan Tahun 2019.
Sebelumnya mereka mendapatkan pembekalan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur (DKP Jatim), Kabid P3HP, Evi Mereka dibekali Rp 100 ribu untuk memilih dan membeli ikan yang sehat dan layak konsumsi.
Sebelumnya, Kepala DKP Jatim, Gunawan Saleh melalui Kepala Bidang P3KP (Pengolahan dan Pemasaran Produk Kelautan dan Perikanan) Evi Afianasari mengatakan, peserta juga diberikan waktu untuk kunjungan ke lapangan dan mempraktekkan untuk memilih juga membeli ikan yang segar dan sehat dikonsumsi.
Saat berada di Pasar Pabean, Agus Pangestu, Duta Gemarikan asal Kabupaten Pacitan mengatakan, dirinya bersama teman -temannya lebih memilih ikan Mujair dan ikan Kerapu. Menurutnya, di Jatim tidak semuanya merupakan wilayah pesisir dan ada beberapa diantaranya mengandalkan perikanan budidaya.
“Mujair merupakan ikan air tawar yang banyak sekali kandungan gizi. Untuk itulah kenapa kita memilih ikan mujair. Kita memilih ikan berdasarkan ciri-ciri ikan yang baik dan sehat, sesuai dengan pembekalan,” katanya yang berharap, pasar ikan lebih diberikan fasilitas lebih yaitu sarana dan prasarana.
Begitupula dengan Lauri Chika, Duta Gemarikan asal Kabupaten Surabaya juga mengakui agak sulit membedakan ikan yang sehat dan tidak segar. Jika diteliti dengan seksama, ternyata ada perbedaan.
“Perbedaan yang kami lihat ada di insangnya benar-benar warna pucat. Ikan sehat dan layu agak sulit, diinsang dan bagian badan yang ditekan tidak kembali seperti semua,’ ujarnya bersama timnya memilih ikan bader dan ikan regak.
Menurutnya, produk perikanan yang ada pasar pabean saat ini cukup higienis. “Tidak ada lalat, dan dikhawatirkan ada formalin. Ikan disekeliling jalan dan dalam pasar tidak nampak ada lala,” ujarnya.
Sedangkan Robby, Duta Gemarikan menambahkan, ikan yang telah dibeli Duta Gemarikan nantinya akan dicek laboratorium, untuk mengetahui ikan yang dipilihnya itu benar-benar ikan segar dan sehat untuk konsumsi serta tidak ada kandungan zat kimia. “Kita didatangkan ketika ramai-ramainya pasar pabean, sehingga kita mengerti kondisi pasar pabean ini,” katanya. [rac]
Teks foto: Peserta Duta Gemarikan sedang berkunjung ke Pasar Pabean Surabaya sekaligus membeli dan memilih ikan yang sehat dan layak konsumsi serta jauh dari zat kimia, Rabu (20/3).

Tags: