3.840 Kg Pisang Mas Kirana Jember di Ekspor ke Mancanegara

Foto: ilustrasi

Foto: ilustrasi

Jember, Bhirawa
Pisang mas Kirana yang ditanam oleh PTPN XII mulai menembus pasar dunia dengan ekspor perdana yang dilakukan pada Kamis dengan tujuan Tiongkok.
“Ekspor pisang mas Kirana dari PTPN XII untuk 2014 sebanyak 3.840 kilogram yang terbagi dalam 384 karton,” kata Direktur Utama PTPN XII Irwan Basri saat peluncuran ekspor perdana pisang mas Kirana di Kebun Banjarsari PTPN XII, Desa Petung, Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember, Kamis (13/11).
Volume ekspor tersebut lebih sedikit dibandingkan volume pisang yang dijual di pasar lokal dan produksi pisang mas Kirana PTPN XII hingga Oktober 2014 mencapai 1,2 juta kilogram. “Dari jumlah tersebut, baru 3.840 kg yang akan diekspor, sisanya memenuhi pasar lokal di Surabaya dan Malang,” tuturnya.
Komoditas tersebut merupakan komoditas baru yang dibudidayakan oleh PTPN XII karena biasanya tanaman karet, kopi dan kakao. Bahkan karet merupakan penyumbang terbesar untuk pendapatan perusahaan berpelat merah itu.
Pisang mas Kirana mulai ditanam sejak pada 2011 dan penjualan ke pasar mulai dilakukan pada 2012, namun ekspor komoditas pisang tersebut baru dilakukan pada 2014.
“Sebagai tahap awal, volume yang dijual juga belum banyak jika dibandingkan produksinya dan dari komoditas pisang itu, PTPN XII menargetkan tambahan pendapatan sebesar Rp15 miliar baik penjualan lokal maupun ekspor,” paparnya.
Ia mengakui penanaman pisang akan menambah pendapatan perusahaan karena pisang tidak hanya ditanam di lahan monokultur, tetapi juga di lahan sela seperti karet. “PTPN XII menanam komoditas tersebut berawal dari Kementerian BUMN yang berkeinginan membudidayakan pisang mulai dari Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga ke Sulawesi Selatan. PTPN yang diminta adalah PTPN VIII, IX, dan XII,” katanya.
Irwan menjelaskan peluang ekspor pisang mas Kirana sangat tinggi karena mengingat permintaan masyarakat dari negara lain, sehingga pihaknya akan meningkatkan produksi sebanyak 20 persen untuk 2015 dengan perluasan lahan tanam.
Pisang mas kirana milik PTPN XII ditanam di areal seluas 1.248 hektare yang tersebar di Kabupaten Jember, Banyuwangi, dan Malang. [efi.ant]

Tags: