30 Mahasiswa ITTelkom Surabaya Dapat Beasiswa

Surabaya, Bhirawa
ITTelkom Surabaya beri bantuan beasiswa kepada tiga puluh mahasiswanya. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang terdampak langsung pandemi Covid-19. Nantinya, beasiswa tersebut akan diberikan dalam dalam dua cara. Yakni memotong langsung BPP atau uang kuliah di semester ganjil 2020/2021. Atau dengan memotong tunggakan biaya pendidikan semester.
“Beasiswa yang mereka dapatkan nanti berupa potongan BPP atau uang kuliah setiap semester sebesar Rp. 750 ribu,” ungkap Rektor ITTelkom Surabaya, Tri Arief Sardjono.
Dikatakan Arif, penerimaan beasiswa untuk puluhan mahasiswa tersebut berasal dari prodi yang berbeda. Prodi yang paling banyak menerima beasiswa berasal dari Prodi Teknik Telekomunikasi dengan jumlah tujuh orang, dan prodi Teknik Komputer berjumlah 6 orang. Sedangkan untuk penerima beasiswa dari prodi lain masing-masing dari Teknik Elektro 4 orang, Sistem Informasi 4 orang, Teknik Industri 3 orang, Rekayasa Perangkat Lunak 3 orang, dan Teknologi Informasi 3 orang.
“Tidak semu mahasiswa mendapatkan beasiswa ini. Ada beberapa kriteria yang sudah ditentukan,” papar dia.
Diantaranya, lanjut Arief, seperti mahasiswa yatim piatu, mahasiswa yang orang tuanya di-PHK atau pensiun, mahasiswa yang memiliki tunggakan BPP, dan mahasiswa yang pernah menyerahkan surat keterangan tidak mampu/surat keringanan penundaan BPP.
“Penentuan kriteria ini juga melihat dari beberapa keluhan mahasiswa yang terdampak langsung COVID-19. Seperti mahasiswa yang orang tuanya merupakan pekerja harian sehingga pendapatannya berkurang selama pandemi ini. Ada juga mahasiswa yang orang tuanya mengalami pemutusan hubungan kerja dan pensiun di masa pandemi ini, serta ada pula mahasiswa yang memang sudah kehilangan salah satu atau kedua orang tuanya,” jabar dia.
Dijelaskan Arief, pengadaan beasiswa atau subsidi BPP bagi mahasiswanya merupakan hasil pengumpulan donasi dari para pegawai Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) dan ITTelkom Surabaya selama bulan ramadhan ini. Diharapkan dengan adanya bantuan ini mahasiswa yang terdampak langsung COVID-19 dan jangan sampai mahasiswa putus kuliah karena kekurangan biaya.
“Kami berharap mahasiswa ITTelkom Surabaya dapat tetap semangat melanjutkan pendidikan atau kuliahnya tanpa perlu khawatir biaya lagi, terlebih di masa pandemi COVID-19 ini,” pungkas Arief. [ina]

Tags: