Anggota Koramil 0814/10 Mojoagung Jombang Bersihkan Aliran Sungai

Anggota Koramil 0814/10 Mojoagung, Jombang saat membersihkan aliran sungai di Dusun Penanggalan, Desa Dukuhmoro, Mojoagung, Jombang, Rabu (15/01/2020). [arif yulianto/Jombang].

Jombang, Bhirawa
Rasa memiliki dan menempati suatu daerah atau lingkungan, bisa diwujudkan dengan menunjukkan rasa peduli terhadap lingkungan yang ada. Baik dengan menjaga kebersihan, keamanan maupun keindahannya. Hal tersebut saat melakukan kerja bhakti pembersihan aliran sungai di Dusun Penanggalan, Desa Dukuhmoro, Kacamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Rabu (15/01/2020).
Danramil 0814/10 Mojoagung, Jombang Kapten CHB Sugeng memimpin langsung apel karya bhakti dibantu Babinsanya, Pelda Surip Suriono. Bersama dengan warga, kepala desa, perangkat desa, mereka melaksanakan kerja bakti pembersihan aliran sungai setempat.
“Dusun Penanggalan ini adalah wilayah tugas dan tanggung jawab saya sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa). Jadi apabila ada kegiatan yang dilakukan warga, termasuk pembersihan aliran sungai Dusun Penanggalan hari ini, saya harus tahu dan turut di dalamnya,” ujar Pelda Surip Suriono, Babinsa Desa Dukuhdimoro.
Pelda Surip Suriono menambahkan, bukan hanya jalan, sungai juga perlu dijaga dan dirawat kebersihannya karena sungai justru yang rentan terhadap sumber penyakit, terlebih bila ada air menggenang, lama kelamaan bisa dijadikan sarang nyamuk.
“Dengan dilaksanakannya kerja bakti membersihkan aliran sungai dari berbagai kotoran atau sampah serta rumput yang mengganggu, diharapkan air mengalir dengan lancar dan sungai juga terus terjaga kebersihannya,” imbuh Pelda Surip.
Selain itu dia melanjutkan, kebersihan lingkungan harus selalu dijaga dan dirawat agar pihak yang menempati maupun orang lain yang kebetulan datang di lingkungan tersebut merasa nyaman, krasan. Keberadaan aliran sungai yang lancar lanjut dia, juga bisa memiliki berbagai manfaat.
“Dan bisa digunakan untuk mengairi persawahan warga, sekaligus mencegah banjir,” pungkasnya.(rif)

Tags: