331 Pejabat Fungsional Pemkab Sidoarjo Disumpah

Pj Bupati Hudiyono menyerahkan SK kepada salah satu ASN fungsional. [alikus/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Pejabat fungsional di Kab Sidoarjo, sebanyak 331 orang, Kamis (17/12) kemarin, disumpah oleh Pj Bupati Sidoarjo, Hudiyono, di pendopo Delta Wibawa.

Namun karena masih pandemi Covid-19, kegiatan dibagi di tiga tempat, supaya tidak sampai terjadi kerumunan massa. Di pendopo Delta Wibawa ada 94 orang, di Kantor BKD Sidoarjo ada 85 orang dan di aula SMPN 4 Sidoarjo ada 152 orang.

Data dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kab Sidoarjo, untuk rumpun pendidikan ada 85 orang, rumpun kesehatan ada 176 orang dan rumpun teknis ada 70 orang.

Pj Bupati Sidoarjo, Hudiyono, dalam arahannya menuturkan apabila para pejabat fungsional tersebut serius menjadi ASN, maka diimbau agar menjadi ASN yang punya daya saing yang profesional, punya integritas dan bersikap amanah.

“Pesan saya, kalau bekerja jangan sampai hitung-hitungan, untung ruginya, karena semuanya sudah diatur oleh Tuhan, maka sering-seringlah sodakoh kerja,” pesan Hudiyono, yang sudah 30 tahunan lebih telah mengabdi sebagai ASN di lingkungan Pemprov Jatim itu.

Menurut Kepala BKD Kab Sidoarjo, Ridho Prasetyo SSTP MAP, Pemkab Sidoarjo masih banyak membutuhkan tenaga ASN fungsional. Dalam kegiatan, kemarin, untuk rumpun guru ada fungsional dari guru, penilik dan pengawas. Rumpun kesehatan ada dari dokter dan bidan. Sedangkan rumpun teknis ada dari sejumlah OPD, diantaranya seperti Satpol PP dan Bagian Pengadaan Barang Jasa Pemkab Sidoarjo.

Ridho memberikan contoh di Satpol PP Sidoarjo, misalnya per 1 Desember 2020, bisa diisi sebanyak 46 orang pejabat fungsional. Mereka tadinya berasal dari staf fungsional umum diinpasing atau penyesuaian menjadi fungsional tertentu. Sedangkan dari Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Pemkab Sidoarjo ada sebanyak 3 orang.

“Di OPD-OPD Sidoarjo sebetulnya masih banyak peluang tenaga fungsional ini, keberadaan mereka saat ini kita proses secara bertahap,” kata Ridho.

Yang banyak terdapat peluang tenaga fungsional adalah seperti di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Dinas Kesehatan. [kus]

Tags: