Bahas Sebaran Covid-19, Bupati Situbondo dan Forkopimda Kunjungi Kantor PCNU

Bupati Dadang Wigiarto bersama jajaran Forkopimda berkunjung ke Kantor PCNU Situbondo guna membahas perkembangan penanganan Covid-19. [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Pencegahan dan penanganan virus Corona di Kota Santri terus diintensifkan jajaran GTPPC (Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19) Kabupaten Situbondo. Ini dilakukan karena setiap hari perkembangan sebaran virus Corona di Situbondo semakin bertambah. Untuk menemukan formula terbaik, Bupati Situbondo Dadang Wigairto bersama jajaran Forkopimda berkunjung ke Kantor PCNU Situbondo, kemarin.

Menurut Bupati Dadang, dirinya datang ke Kantor PCNU Situbondo didampingi Kapolres AKBP Sugandi dan Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf Akhmad Juni Toa. Dalam kunjungan itu, aku mantan advokat itu, pihaknya bersama jajaran Forkopimda melaksanakan pertemuan dan silaturahmi dengan PCNU, MWCNU dan Ranting NU Jangkar guna membahas perkembangan terbaru virus Corona atau Covid-19 di Situbondo. “Ya pertemuan ini membahas tentang sebaran virus korona,” aku Bupati Dadang.

Bupati menambahkan, acara yang digelar di ruang rapat Kantor PCNU Situbondo juga dihadiri Sekda Syaifullah, Ketua PCNU Situbondo KH Moh Zaini Sonhaji, Wakil Ketua II PCNU HA Bashori Shanhaji, Sekretaris PCNU Zaini SH, Ketua MWC NU Jangkar HA Zainuri Ghasali, Bendahara PCNU H Hamid Jauharul Fardli.

Tak hanya itu, sambung Bupati Dadang, Ketua Ranting NU Kecamatan Jangkar Slamet dan Wakil Ketua MWC NU Jangkar Fatah Yasin juga ikut hadir dalam pertemuan tersebut. “Perbincangan menemukan beberapa poin penting dalam pencegahan virus Corona,” ujar Bupati Dadang.

Bupati dua periode itu kembali menegaskan mulai saat ini elemen masyarakat harus saling membantu dan bergotong royong dalam mengahadapi pandemik Covid-19 di Kota Santri Situbondo. Misalnya saja, sebut Bupati dadang, warga yang sakit harus dibantu bukan sebaliknya malah dijauhi.

“Apabila ada warga sakit, segeralah periksa ke dokter atau ke Rumah Sakit. Selanjutnya ikuti saran dari tim medis agar sakit yang diderita cepat tertangani dengan baik sehingga tidak menyebar kepada orang lain,” urai Bupati Dadang.

Sementara itu, Kapolres Situbondo AKBP Sugandi menegaskan, penerapan disiplin protokol kesehatan ditengah pandemi Corona harus dipatuhi oleh seluruh masyarakat Situbondo. Itu harus dilakukan, sambung Kapolres Sugandi, jika ingin memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Situbondo berhasil dengan baik.

“Termasuk protokol penanganan pasien PDP dan positif Covid-19 juga harus dilakukan sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan Pemerintah,” papar Kapolres Sugandi.

Kapolres Sugandi menambahkan, pihaknya terus berharap agar masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi serta selalu disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan ditengah pandemi virus Corona. Disisi lain, ungkap Kapolres Sugandi, penanganan pasien Covid-19 juga harus sesuai dengan prosedur yang ada.

“Termasuk juga proses pemakaman pasien terkonfirmasi positif virus korona yang meninggal dunia harus mengikuti protokol kesehatan penanganan Covid 19,” pungkas Kapolres Sugandi. [awi]

Tags: