Pemkot Blitar Gelar Tasyakuran Hari Koperasi Ke-73

Wali Kota Blitar, Drs. H Santoso, MPd saat menghadiri Tasyakuran Hari Koperasi Ke-73 di Balai Kota Kusuma Wicitra Kota Blitar, Senin (13/7) kemarin. [Hartono/Bhirawa]

Kota Blitar, Bhirawa
Memperingati Hari Koperasi Ke-73 tahun 2020, Pemerintah Kota Blitar menggelar Tasyakuran yang dihadiri Wali Kota Blitar, Drs. H Santoso, MPd di Balai Kota Kusuma Wicitra Kota Blitar, Senin (13/7) kemarin.

Bahkan pelaksanaan Tasyakuran Hari Koperasi yang dihadiri pengurus inti Koperasi di Kota Blitar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Wali Kota Blitar, Drs. H Santoso, MPd dalam sambutannya mengatakan dengan digelarnya Tasyakuran ini seluruh pelaku Koperasi masih bisa mensyukuri nikmat yang diberikan atas bertahannya Koperasi di Kota Blitar di tengah masa pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah di tengah pandemi Covid-19 Koperasi Kota Blitar mampu bertahan, dan masih mampu melakukan kegiatan Peringatan Hari Koperasi ke-73 ini. Semoga seluruh pelaku Koperasi di Kota Blitar selalu diberi kesehatan dan kekuatan menghadapi kondisi pandemi ini, dan mudah-mudahan pandemi ini segera berakhir dan kegiatan koperasi kembali normal,” kata Wali Kota Santoso.

Lanjut Wali Kota Santoso, mengakui Koperasi saat ini juga menjadi salah satu sektor yang terdampak adanya pandemi Covid-19, sehingga atas kondisi ini Pemkot Blitar hadir di tengah-tengah pelaku Koperasi untuk memberikan semangat dan dorongan agar koperasi tetap eksis.

“Kami sangat peduli dan paham pelaku Koperasi sangat terdampak dengan pandemi, dan kami juga tidak tinggal diam, Pemkot Blitar selalu ada di saat masyarakat khususnya para pelaku Koperasi mengalami musibah pandemi seperti saat ini,” jelasnya.

Bahkan Kepedulian Pemkot Blitar tersebut diwujudkan dengan meminta UMKM binaan Koperasi untuk memproduksi masker sebanyak 50 ribu, dimana masker tersebut kemudian akan dibagikan kepada masyarakat secara gratis.

“Sebagai stimulan agar ekonomi tetap jalan, kami pesan 50 ribu masker kepada UMKM binaan Koperasi, dimana selain masyarakat juga mendapatkan manfaat karena maskernya kita berikan secara gratis ekonominya bisa jalan,” ujarnya.

Selain itu, Pemkot Blitar juga memberikan 2.500 paket sembako kepada pengurus Koperasi di Kota Blitar, bahkan dalam waktu dekat dikatakan Wali Kota Santoso juga akan mengelontorkan kembali bantuan modal usaha bagi para pelaku Koperasi yang direncanakan pada akhir bulan Juli mendatang.

“Bantuan modal usaha ini harus sudah bisa dicairkan bagi para pelaku koperasi, dimana ini juga bentuk stimulus jelanya perekonomian Koperasi di Kota Blitar,” terangnya.

Tambah Wali Kota Santoso, pihaknya juga menyampaikan permohonan maafnya kepada para pelaku Koperasi karena tahun ini Peringatan Hari Koperasi tidak bisa diperingati seperti tahun-tahun sebelumnya dengan berbagai kegiatan.

Namun kali ini Peringatan Hari Koperasi ke 73 di Kota Blitar cukup istimewa meskipun sederhana, karena dihadiri langsung Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia Sri Untari yang juga menyampaikan materi dalam sarasehan dengan tema “Anggota Sehat Koperasi Kuat Ekonomi Rakyat Berdaulat”, dimana tampak hadir juga Sekretaris Daerah Kota Blitar, Rudy Widjonarko dan Ketua Dekopinda Kota Blitar Slamet Sutanto dalam kegiatan tersebut. [htn. adv]

Tags: