Satgas Aman Nusa Situbondo Gelar Yustisi Pencegahan Covid-19

Tim Satgas Aman Nusa Kabupaten Situbondo saat mendapati seorang pengendara roda dua tidak menggunakan masker Rabu malam (7/1). [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Menyambut pemberlakukan PSBB Jawa Bali yang digagas pemerintah pusat mulai 13-25 Januari 2021, Tim Satgas Aman Nusa II Polres Situbondo kembali melaksanakan patroli dan pencegahakan disiplin protokol kesehatan dengan menggelar operasi yustisi di kawasan protokol Kota Situbondo.

Satu diantaranya digelar di Jalan PB Sudirman dan kawasan alun-alun Kota Situbondo pada Rabu malam (7/1).

Kegiatan patroli dan yustisi dipimpin Kasat Lantas AKP Indah Citra Fitriani bersama Kasat Binmas IPTU Jembadi. Sejumlah personil gabungan dari sektor fungsi dengan sasaran masyarakat ikut serta dalam operasi yustisi yang digelar pada malam hari tersebut.

“Khususnya warga tidak memakai masker dan warga yang ada dalam kerumunan, akan dikenai operasi yustisi, ” jelas Indah.

Dalam patroli yustisi tersebut, sambung Kasat Lantas Indah, ia terjun bersama anggota dengan membagi-bagikan masker kepada masyarakat yang tidak memakai masker di jalan raya Kota Situbondo. Selain itu, papar Indah, pihaknya juga memberikan pembinaan bersama Kasat Binmas tentang pentinganya protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19 ini.

“Semua itu kami lakukan bersama elemen terkait murni untuk mencegah resiko penularan Covid-19 agar tidak semakin meningkat di Kabupaten Situbondo,” papar Indah.

Kasat Lantas Indah kembali mengatakan, selama patroli yustisi masih ditemukan masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan seperti tidak memakai masker maka pihaknya akan terus melakukan operasi yustisi. Yang ironis lagi, aku dia, ada sejumlah orang tua membawa anak-anaknya berkerumun di tempat keramaian tanpa dibekali dengan pemakaian masker.

“Kami masih menemukan orang tua membawa anak-anaknya berkerumun di tempat umum tanpa memakai masker. Ini sangat beresiko bagi keselamatan dan kesehatan anak-anak tersebut,” terang wanita dengan tiga balok dipundaknya tersebut.

Indah kembali menerangkan, kegiatan operasi yustisi Satgas Aman Nusa II Polres Situbondo akan terus digelar sebagai bagian dari upaya preventif mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Situbondo kedepan. [awi]

Tags: