4.700 Karyawan Jasa Marga Group Sudah Terima Vaksinasi Covid-19

Salahsatu karyawan Jasa Marga Group saat melakukan registrasi untuk Vaksinasi Covid-19.

Surabaya, Bhirawa.
Vaksinasi Coronavirus Disease (Covid-19) tahap pertama telah diterima PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pelayan Publik di bidang operasional jalan tol melalui Sentra Vaksinasi Bersama (SVB) BUMN.

Diselenggarakan di berbagai kota seperti Jakarta, Semarang dan Surabaya, program ini sangat mempermudah akses para Roadster, sebutan untuk karyawan Jasa Marga Group yang mendapatkan kesempatan vaksinasi sebagai petugas pelayan publik.

Corporate Secretary Jasa Marga M. Agus Setiawan yang sekaligus ditunjuk sebagai Ketua Koordinator dan Komunikasi Eksternal Tim Vaksinasi Jasa Marga Group bersyukur dan berterima kasih atas program yang difasilitasi oleh Kementerian BUMN ini sehingga karyawan Jasa Marga yang melayani publik mendapatkan prioritas menerima vaksin.

“Dengan dibukanya SVB di kota-kota yang juga merupakan lokasi operasional jalan tol Jasa Marga Group, sangat memudahkan akses karyawan untuk mendapatkan vaksinasi. Hingga saat ini sudah lebih dari 4.700 Roadster Jasa Marga Group yang telah menerima vaksinasi tahap pertama,” terangnya, Kamis (8/4).

Agus menambahkan Jasa Marga sangat mengutamakan para Roadster yang bekerja di operasional jalan tol seperti Customer Service dan Mobile Customer Service serta para supervisornya, Petugas Rescue, Petugas Ambulans dan Petugas Traffic Information Center yang berada di garis depan pelayanan untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Meskipun saat ini telah diberlakukan 100 persen transaksi elektronik dengan menggunakan Gardu Tol Otomatis, ada kalanya Roadster masih harus berinteraksi dengan pengguna jalan untuk tetap terus memberikan pelayanan terbaiknya. Di seluruh Jalan Tol Jasa Marga Group di Indonesia, lalu lintas harian rata-rata yang tercatat di tengah pandemi Covid-19 ini adalah sebesar 3 juta kendaraan/harinya.

“Interaksi dengan pengguna jalan tentu saja masih harus dilakukan, terutama dalam membantu kendala-kendala yang dihadapi agar perjalanan mereka tetap aman dan nyaman. Tentu saja kami pastikan petugas di lapangan menjalani protokol kesehatan dalam berinteraksi. Misalnya saat membantu perihal kekurangan saldo uang elektronik di gerbang tol, membantu kendaraan yang mogok atau pecah ban hingga melakukan penanganan kecelakaan yang dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri,” jelasnya.

Terhitung sejak 14 Maret 2021 hingga saat ini, tercatat lebih dari 4.700 Roadster telah menerima vaksinasi Covid-19 dari total sekitar 9.700 Roadster Jasa Marga Group yang terdaftar dalam program SVB BUMN. Para Roadster mengikuti program SVB di Istora Senayan dan Tennis Indoor Senayan untuk wilayah Jakarta, PRPP (Pusat Rekreasi Promosi dan Pembangunan) untuk wilayah Semarang dan Kompleks Grand City Mall untuk wilayah Surabaya.

“Roadster Jasa Marga memanfaatkan dengan baik kuota jumlah vaksin dengan hadir pada setiap jadwal yang diberikan dari SVB sehingga jumlah yang telah divaksin Alhamdulillah terus meningkat. Sebagai contoh, hanya dalam waktu kurang dari tiga minggu, jumlah Roadster Jasa Marga Group saat ini yang telah divaksinasi hampir mencapai 50 persen. Kami berharap pelaksanaan vaksin di SVB yang telah berjalan dengan baik selama ini terus berlangsung dengan lancar, sehingga seluruh Roadster Jasa Marga dalam waktu tidak terlalu lama sudah bisa mendapatkan vaksin pertama,” ujar Agus.

Jasa Marga berharap dengan adanya penerimaan vaksin ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman, tidak hanya untuk Roadster Jasa Marga, namun untuk seluruh stakeholder termasuk pengguna jalan. Jasa Marga mendukung penuh Pemerintah dalam pelaksanaan program vaksinasi tahap awal Covid-19 dengan sasaran pelayanan publik dan kelompok lanjut usia (lansia) guna menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) sehingga dapat mengurangi penyebaran Covid-19, agar Indonesia kembali pulih dan perbaikan di sektor ekonomi dan sosial segera terwujud.[riq]

Tags: