Tahun ini, Ratusan ASN di Bojonegoro Pensiun

Plt Kepala BKPP Bojonegoro, Aan Syahbana.

Bojonegoro, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro akan kehilangan ratusan ASN (Aparatur Sipil Negara) di tahun 2021. Pegawai negeri akan terus berkurang karena pensiun. September ini sudah ada 42 ASN yang pensiun.

“Setiap bulan pegawai negeri pasti berkurang karena pensiun. Dan setiap tahunnya juga meningkat jumlah pensiunnya,” kata Plt Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bojonegoro, Aan Syahbana, kemarin (19/9).

Pada 2020 lalu, Ia melanjutkan, ada 463 ASN pensiun dan jumlah ini meningkat di tahun ini sebanyak 509 pegawai negeri pensiun. Seharusnya, idealnya 13 ribu ASN yang berada di lingkungan pemerintah.

Namun, untuk saat ini pegawai negeri di lingkungan Pemkab Bojonegoro yang masih aktif sebanyak 8.506 orang. Jumlah ini akan terus berkurang sesuai kebijakan pemerintah pusat.

“Karena ini juga menyesuaikan APBD di setiap daerah. Dan jumlah kuota yang diterima biasanya tidak sesuai dengan diusulkan,” terangnya.

Sehingga, Ia menambahkan, jumlah ASN akan terus berkurang setiap tahunnya karena jumlah pensiun tidak sebanding dengan pengangkatan.

Guna menghindari kekurangan tersebut, lanjut dia, Pemkab mengoptimalkan pegawai yang ada. Begitu juga dengan ASN struktural. “Ya kita optimalkan pegawai yang ada,” lanjutnya. [bas]

Tags: