46 dari 10.187 orang Tak Masuk Tes CPNS Tahap Awal di Sidoarjo

Peserta sedang menyelesaikan registrasi sebelum masuk ruangan tes sistem CAT (Computer Assisted Test). [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Sebanyak 10.187 orang yang telah mendaftar sebagai CPNS di Kabupaten Sidoarjo. Namun pada pelaksanaan tes CPNS tahap awal (29/1/20) untuk menguji kompetensi dasar, ada 46 orang tidak hadir. Mereka terdiri dari peserta sesi pertama yang tidak hadir 14 orang, sesi kedua 7 orang, sesi ketiga 14 orang dan sesi keempat 11 orang.
Salah satu peserta sesi pertama, namun terlambat hadir adalah Adi warga Lumajang yang mengambil formasi Pranata Keuangan DLHK (Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan) mengaku kalau salah melihat surat keterangan/jadwal tes. “Saya kira masuk pada sesi kelima, ternyata angka 5 yang saya lihat itu adalah bangku. Aslinya saya masuk pada sesi pertama. Saya sangat menyesal sekali karena salah melihat atau kurang teliti,” ungkap Adi.
Sementara itu, Achmad Masrukan dari Jember mengaku senang karena hasil tes nilainya bagus dan sudah masuk alias sudah memenuhi standar minimal yang telah ditentukan. Sehingga untuk tes tahap berikutnya semoga masuk, karena masih menuggu hasil peserta tes yang lainnya. “Jika tidak tergeser dengan nilai orang lain karena lebih tinggi, Insya Alloh saya akan masuk tes pada tahap kedua,” harap Achmad Masrukan warga Jember yang mengambil formasi guru di Sidoarjo.
Kepala BKD Sidoarjo Ridho Prasetyo MAP mengatakan kalau tes CPNS ini akan dilakukan selama 17 hari, yakni dimulai sekarang ini tanggal 29 Januari 2010 14 Pebruari 2020, akan kita lakukan hingga tuntas semuanya tanpa libur walaupun hari Sabtu dan Minggu. “Tiap hari dilakukan dalam 5 sesi, kecuali untuk hari Jumat hanya 4 sesi. per sesi diisi sebanyak 125 orang. Dari tes sekarang ini kita ambil tiga besar per formasi, untuk mengikuti tes lagi kompetensi bidang,” jelasnya.
“Adapun pelaksanaan tes yang diikuti sebanyak 10.187 orang ini dimulai sejak pagi, yakni pada pukul 08.00 wib. Makanya peserta diharapkan datang 90 sebelum dimulai, karena mereka juga harus menuntaskan registrasinya,” terang Ridho Prasetyo.
Menurutnya, Kabupaten Sidoarjo ini termasuk penerima formasi paling banyak di Jawa Timur, kuata yang diberikan dari MenPAN RB ada 725 CPNS, yang terdiri dari 500 tenaga guru, 98 tenaga kesehatan dan 127 untuk tenaga teknis. “Semoga pelaksanaan tes ini bisa berjalan baik dan lancar, kami juga sudah melakukan koordinasi dengan beberapa pihak terkai,” pungkanya. [ach]

Tags: